Bandung (ANTARA News) - Maskapai penerbangan Merpati Nusantara Airlines akan membuka kembali jalur Bandung - Semarang yang sempat ditutup beberapa tahun lalu.

"Potensi penerbangan Bandung - Semarang cukup besar, terlebih belum ada penerbangan lain di jalur itu, rencananya rute itu diterbangi lagi 2010 ini," kata Sales Manager Merpati Airlines Bandung, Yanuar Fadhilah di Bandung, Senin.

Menurut dia, rute Bandung - Semarang bukan rute baru bagi Merpati. Beberapa waktu lalu maskapai penerbangan nasional itu melayani rute itu,

Penutupan rute Bandung - Semarang waktu itu, kata dia bukan karena penumpangnya yang sedikit, namun karena rute sambungannya Bandung - Jakarta sepi penumpang.

"Penumpang Bandung - Semarang cukup bagus, namun waktu itu rute sambungannya Jakarta - Bandung kurang bagus," katanya.

Rencananya, penerbangan Bandung - Semarang pada 2010 ini akan dilayani dengan pesawat berbaling-baling atau propeller ATR072 dengan rute Tanjungkarang - Bandung - Semarang - Pangkalanbun.

Meski demikian, belum pasti kapan penerbangan perdana jalur itu. Namun Yanuar memastikan penerbangan itu kembali tersambung pada 2010 ini.

Saat ini Merpati Nusantara Airlines melayani dua rute penerbangan dari Bandung yakni Bandung - Batam dengan "load factor" 95 peren dan Bandung - Surabaya - Denpasar dengan load factor 78 persen.

"Pada Januari 2010 lalu penumpang dari dan ke Bandung cukup bagus, Bandung - Batam selama Januari sebanyak 2900 penumpang dan Bandung - Surabaya - Denpasar sebanyak 1600 orang," kata Sales Manager Merpati Nusantara Airlines (MNA) itu menambahkan. (S033/A038)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010