Serang (ANTARA News) - Massa meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Serang, bertindak netral dan independen dalam menerima berkas calon Bupati Serang dan Wakilnya.

Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Serang (HAMAS) melakukan unjuk rasa di depan KPU Serang.

"Kami mendesak KPU agar bersikap netral dan tidak diintervensi oleh pihak mana pun, apalagi terima suap," kata teriak seorang pengunjukrasa.

Pengunjukrasa menyampaikan hal itu, sebab ada ikatan keluarga antara ketua KPUD Kabupaten Serang, Lutfi Nuriman, dengan salah satu calon Bupati, yakni Taufik Nuriman yang sekarang masih menjabat sebagai Bupati Serang.

Hal inilah,lanjut pengunjukrasa rentan dengan KKN, sehingga menciptakan Pilkada Kabupaten Serang 2010 yang tidak demokratis, sebagaimana tertera dalam UU nomor 12 tentang perubahan UU nomor 32 tahun 2004.

Oleh karena itu, mereka mendesak kepada KPUD harus netral dalam menerima calon Bupati dan wakilnya,harus hati-hati dalammenetapkan Daftar PEmilih Tetap (DPT),serta harus transparan dalam menggunakan anggaran Pilkada.

"Kami juga meminta agar Pilkada 2010 di Kabupaten Serang ini, informasinya bisa diakses dengan mudah oleh masyarakat," jelasnya.

Dalam aksi yang dikawal sekitar 50 anggota Polisi Dalmas dari Polres Serang,selain melakukan orasi dan membagikan selebaran kepada para pengguna jalan, mereka juga melakukan adegan teaterikal.

Teaterikal yang dilakukan oleh lima orang tersebut, menggambarkan KPU yang menerima suap dari para calon Bupati dan wakil Bupati Serang.

Usai mengadakan aksi teaterikal,seluruh pengunjukrasa memasuki ruang rapat KPUD Kabupaten Serang,untuk beraudiensi dengan ketua KPUD Serang.

Dalam audiensinya,ketua HAMAS Serang,Humaedi,mengatakan,pihaknya mewakili masyarakat meminta agar KPUD berlaku netral dan tidak ada main mata dengan Incumben yang masih ada ikatan saudara dengan ketua KPUD.

"Meskipun saya adalah salah satu adik dari seorang calon dan sekarang menjabat Bupati,namun kami akan tetap netral serta sesuai prosedur.Kami juga akan menolak segala intervensi pihak luar," kata ketua KPUD Serang,Lutfi Nuriman,menyikapi pernyataan ketua HAMAS.

Pelaksanaan Pilkada Kabupaten Serang akan dilaksanakan 9 Mei 2010, sedangkan pendaftaran calon bupati dan wakil bupati yang diusung partai politik maupun perorangan dimulai 4-10 Februari 2010 dan kampanye 22 April- 5 Mei 2010.

Sementara jumlah pemilih pada pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Serang berdasarkan rekapitulasi DP4 diperkirakan mencapai 1.006.175 jiwa dari 28 kecamatan. (MSR/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010