Mobil listrik SMK wujud rill pengembangan ekonomi saat pandemi

Mobil listrik SMK wujud rill pengembangan ekonomi saat pandemi

Kunjungan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa ke SMK Model PGRI 1 Mejayan dalam rangka peninjauan percobaan penyelenggaraan pendidikan pada era adaptasi kebiasaan baru dan pembangunan gedung industri mobil listrik UMKM Mokasi di Mejayan, Madiun, Jumat (18/9/2020). (ANTARA/Indriani)

pesanan Mobil Listrik UMKM Mokasi yang sampai saat ini telah mencapai 186 unit
Jakarta (ANTARA) - Kepala Sekolah SMK Model PGRI 1 Mejayan Sampun Hadam mengatakan mobil listrik karya siswa SMK merupakan wujud rill SMK untuk pengabdian masyarakat khususnya pengembangan ekonomi pada masa pandemi COVID-19.

"Sinergi antar SMK dan UMKM sangat penting untuk membangkitkan ekonomi masyarakat sekaligus sebagai upaya peningkatan pendidikan kejuruan di SMK serta menumbuhkan kewirausahaan pada generasi milenial," ujar Sampun Hadam dalam keterangannya di Jakarta, Jumat.

Dia menambahkan mobil listrik UMKM Mokasi yang merupakan karya siswa dan guru tersebut, menjadi salah satu alternatif pemulihan ekonomi nasional.

Baca juga: Siswa SMK Model Mejayan merakit mobil listrik

"Kami berharap dapat menjalin kerja sama dengan masyarakat desa sebagai wujud pusat pelayanan masyarakat dan menggerakkan ekonomi lapis bawah," jelas dia.

Dengan maju dan aktifnya ekonomi lapis bawah maka semua lapisan masyarakat akan merasakan keadilan dan kemakmuran, sehingga dapat mengurangi angka kemiskinan.

"Dukungan dan apresiasi yang luar biasa untuk hasil cipta inovasi dan kreativitas siswa SMK Model PGRI 1 Mejayan, juga mendapatkan perhatian dari Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa," tambah dia.

Baca juga: Kepsek: Mobil listrik UMKM kesuksesan "pernikahan" dengan industri

Sebelumnya, Gubernur Jawa Timur itu berkunjung ke SMK Model PGRI 1 Mejayan dalam rangka peninjauan percobaan penyelenggaraan pendidikan pada era adaptasi kebiasaan baru dan pembangunan gedung industri mobil listrik UMKM Mokasi.

"Dukungan dari pemerintah daerah merupakan dukungan bagi kami dalam menyelesaikan tuntutan pesanan Mobil Listrik UMKM Mokasi yang sampai saat ini telah mencapai 186 unit," katanya.

Selain dukungan mengalir dari Gubernur Jawa Timur, Direktur SMK Kemendikbud melalui Program Fasilitas SMK yang dikembangkan menjadi pusat keunggulan (Center Of Excellence) Prioritas Sektor Pemesinan dan Konstruksi juga memberikan dukungan modal kerja untuk penyelesaian Mobil Listrik UMKM Mokasi dalam memenuhi pesanan tersebut.

Baca juga: Mobil listrik dikembangkan SMK NU Ma'arif Kudus
Baca juga: Anies Baswedan "test drive" mobil listrik

Pewarta: Indriani
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Pemprov Maluku Utara dan TNI AUĀ akan dirikan SMK Dirgantara di Morotai

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar