Ciamis (ANTARA News) - Sebanyak 202 senjata api jenis Revolver milik anggota polisi di seluruh kesatuan Polsek hingga jajaran Polres Ciamis, Jawa Barat, diperiksa di halaman Markas Polres setempat, Kamis.

Kasubag Logistik Polres Ciamis Aiptu Jarwoto mengatakan pemeriksaan senjata milik seluruh anggota di tingkat Polsek dan Polres Ciamis dilakukan rutin dan terjadwal.

Ia menjelaskan pemeriksaan dilakukan dengan memeriksa kelayakan senjata yang dikhawatirkan mengalami kerusakan, sehingga perlu perbaikan agar berfungsi optimal. "Senjata yang rusak atau tidak berfungsi, akan diperbaiki," katanya.

Jarwoto mengatakan hasil pemeriksaan senjata jenis Revolver sebanyak itu, kondisinya baik serta berfungsi optimal, dan layak digunakan.

Menurut dia, selain dilakukan pemeriksaan kelayakan fungsi senjata, jumlah peluru sebanyak 18 butir untuk masing-masing anggota yang memiliki kewenangan memiliki senjata, juga diperiksa.

"Apabila jumlah peluru kurang, petugas pemeriksa mempertanyakan alasan penggunaan peluru tersebut," katanya.

Ia mengatakan jika alasannya tidak jelas, maka anggota yang bersangkutan akan diberi sanksi. "Tetapi selama ini tidak ada anggota yang menyalahgunakan senjata," katanya.

Sementara itu, Kapolres Ciamis AKBP Agus Santoso SIK didampingi Kabag Binamitra Kompol H Yudi Saprudin SH mengatakan pemeriksaan senjata yang digunakan anggota di seluruh jajarannya dilakukan rutin setiap tiga bulan sekali.

"Ini pemeriksaan biasa saja, dan tidak ada kaitannya dengan kejadian-kejadian lainnya," katanya. (FPM/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010