Kerjasama dengan Togo menghasilkan investasi infrastruktur terbesar dalam sejarah negara itu

     LOME, 12 Februari (ANTARA/PRNewswire-AsiaNet) -- ContourGlobal Togo SA hari ini mengumumkan bahwa proyek tenaga listrik tiga-bahan bakar 100 MW-nya telah mendapatkan penghargaan African Private Power Deal of The Year 2009 dari Majalah Project Finance-nya Euromoney. Menteri Pertambangan dan Energi Togo, Dammipi Noupokou, dan perwakilan dari ContourGlobal akan menerima penghargaan tersebut atas nama proyek ini pada Jamuan Makan Malam Tahunan Euromoney Project Finance Awards di London pada 11 Februari 2010.

     Proyek mutakhir ContourGlobal berkapasitas 100 MW di Togo hampir selesai dan akan mulai beroperasi sepenuhnya pada April 2010, empat bulan mendahului jadwal dan sebelas bulan setelah Wartsila, pemasok sekaligus pembangun perlengkapan pembangkit listrik tersebut, diresmikan di Lome. Proyek ContourGlobal akan membawa tenaga listrik yang terjangkau dan handal ke kawasan di mana kurang dari 15% penduduknya bisa menikmati listrik. Fasilitas pembangkit listrik ini, yang memenuhi standar lingkungan Bank Dunia, juga merupakan proyek pertama yang berhasil dikembangkan di kawasan ini sejak Pipa Saluran Gas Afrika Barat mulai beroperasi.

     Rujukan yang menyertai penghargaan ini, yang dimuat di majalah Project Finance-nya Euromoney, menarik perhatian pada "tiga hal pertama" yang diwakili oleh proyek tersebut: investasi infrastruktur terbesar dalam sejarah negara itu, proyek tenaga listrik independen pertama di negara itu dan pembiayaan proyek pertama negara itu. Fasilitas pembangkitan listrik ContourGlobal juga merupakan "tiga bahan bakar," yang mampu beralih secara seketika antara gas alam, minyak bahan bakar berat dan diesel, oleh karenanya memberikan fleksibilitas operasi yang tak tertandingi di kawasan ini. Fleksibilitas peralihan bahan bakar proyek ini menjamin bahwa fasilitas tersebut dapat menghasilkan listrik untuk Togo sekalipun gas alam, yang merupakan sumber bahan bakar utamanya, tak tersedia.

     Pembiayaan proyek ini semata-mata diatur dan didanai oleh Overseas Private Investment Corporation ("OPIC") Amerika Serikat dan OPIC juga menanggung asuransi resiko politik proyek tersebut.

     Joseph Brandt, Presiden sekaligus Kepala Eksekutif ContourGlobal, menyatakan, "Kami amat gembira atas pengakuan yang telah diberikan hari ini kepada proyek ContourGlobal di Togo. Hanya dalam waktu dua bulan kami akan mulai memasok listrik yang terjangkau dan handal berkapasitas 100 MW ke kawasan ini dan akan memperbesar jumlah listrik yang saat ini dihasilkan di Togo. Keberhasilan proyek ini merupakan penghormatan atas upaya berani dan disengaja Presiden Faure Gnassingbe dan pemerintah Togo untuk mendukung dan mendorong investasi swasta dalam prasarana Togo. Kami bangga menjadi mitra mereka dalam mengembangkan ekonomi Togo."

     Menteri Pertambangan dan Energi Republik Togo, Dammipi Noupokou menyatakan: "Tenaga listrik handal yang dihasilkan oleh ContourGlobal Togo akan mempercepat perkembangan ekonomi di Togo dan memungkinkan kami meningkatkan secara signifikan kemudahan memperoleh listrik bagi penduduk kami serta bisnis dan industri lokal kami. Ia merupakan yang pertama di Togo dalam hal besarnya kerjasama dengan investor swasta di sektor tenaga listrik. Proyek ini amat penting bagi kami dan sub kawasan Afrika Barat."

     ContourGlobal adalah perusahaan operasi dan pengembangan tenaga listrik dan energi yang berkantor pusat di New York dengan kira-kira 900 karyawan di seluruh dunia dan kapasitas listrik lebih dari 1.300 MW yang tengah beroperasi, sedang dibangun, atau dalam pengembangan aktif di beragam pasar termasuk Amerika Serikat, Uni Eropa, Brazil, Colombia, Togo, Rwanda, Nigeria dan Ukraina. Perusahaan ini mengembangkan dan mengoperasikan bisnis listrik serta gabungan panas dan tenaga listrik di seluruh dunia bagi baik pemerintah maupun perusahaan multinasional. ContourGlobal memfokuskan pada baik pasar yang tumbuh pesat dan kurang terlayani maupun ceruk inovatif di pasar negara maju - seperti energi terbarukan dan Gabungan Panas dan Tenaga Listrik (CHP).

     Di Afrika, ContourGlobal saat ini membangun, mengoperasikan atau mengembangkan proyek pembangkitan tenaga listrik di empat negara: Togo, Nigeria, Rwanda dan Kenya. Perusahaan ini juga mengembangkan secara aktif proyek-proyek tambahan di seluruh Afrika Sub-Sahara.

     Di samping ContourGlobal, Pemerintah Togo, dan Overseas Private Investment Corporation, peserta proyek dan penasihat proyek ini adalah: Wartsila, ERM, Gide Loyrette Nouel, Shearman & Sterling, Aquereburu & Partners, Allen & Overy, SCP Martial Akakpo, Sargent & Lundy, Afrique Ingenierie Et Experts Consultants, SKM, Marsh & McLennan, Purvin & Gertz, Moore-McNeil, Citibank Trust Services, Ecobank-Togo, dan Financial Bank-Togo.

     Kunjungi ContourGlobal di web di http://www.contourglobal.com

SUMBER: ContourGlobal

     KONTAK:
     Kathleen Valadez dari ContourGlobal,
     +1-212-610-9148,
     Kathleen.Valadez@ContourGlobal.com




Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2010