Jakarta (ANTARA News) - Anggota DPR dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI kembali mendapat pelatihan Emotional Spiritual Quotien (ESQ) Leadership Center sebagai salah satu penunjang bagi parlemen untuk meningkatkan kinerja.

Informasi yang dihimpun di Jakarta, menyebutkan, hingga Jumat malam jumlah anggota parlemen yang terdaftar sebagai peserta pelatihan lanjutan pada Sabtu dan Minggu di Menara 165 Cilandak Jakarta Selatan itu mencapai 76 dari berbagai fraksi.

Pelatihan itu juga dihadiri pimpinan DPR dan DPD. Kedua insitusi memberi dukungan kepada pelatihan ESQ sebagai salah satu upaya meningkatkan kinerja anggota dan lembaga perwakilan. Pimpinan kedua lembaga ini adalah alumni ESQ.

Pelatihan dengan pelatih utama Dr Ary Ginanjar Agustian ini merupakan angkatan kedua setelah pada November 2009 sekitar 200 anggota parlemen mengikuti kegiatan ini sebagai angkatan pertama.

Untuk pelatihan angkatan kedua, dari 76 anggota parlemen yang terdaftar, 33 di antaranya anggota DPD RI, Setjen DPD (18), Fraksi Gerindra (4), PAN (5), Golkar (3), PPP (4), PDIP (2) dan Fraksi Partai Demokrat sebanyak 5 anggota. Sebanyak 10 dari 76 anggota parlemen yang ikut kegiatan ini adalah peserta nonmuslim.

Manajemen ESQ juga mengundang kalangan pers yang telah mengikuti kegiatan ini pada angkatan pertama.

ESQ sebagai institusi yang memberi perhatian pada peningkatan kualitas sumber daya manusia, telah memiliki hampir sejuta alumni. Selain di dalam negeri, alumni juga tersebar di berbagai negara. Bahkan polisi dan tentara Malaysia juga mendapat pelatihan ESQ.

ESQ telah memiliki cabang di berbagai daerah dan di berbagai negara. Sejumlah institusi pemerintah dan swasta serta lembaga pendidikan juga telah menyertakan karyawannya dalam pelatihan ESQ.

ESQ Leadership Center adalah pelatihan kepemimpinan dan pengembangan kepribadian dengan tujuan membentuk karakter tangguh dan memadukan konsep kecerdasan intelektual (IQ), kecerdasan emosional (EQ), dan kecerdasan spiritual (SQ) secara terintegrasi dan transendental.

(T.S023/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010