New York (ANTARA News/AFP) - Toyota pada Jumat menarik kembali sekitar 8.000 truk pickup Tacoma atas cacatnya poros baling-baling, seorang pejabat pemerintah AS mengatakan, setelah serangkaian penarikan kembali terutama atas masalah pedal gas dan rem.

Poros itu dibuat oleh pemasok Dana Corp mulai Desember sampai awal bulan ini, kata pejabat itu, berbicara dengan syarat anonim.

Dana mengirim Badan Keselamatan Transportasi Jalan Raya Nasional, sebuah instansi pemerintah, pemberitahuan penarikan kembali pada Kamis, dengan mengatakan pihaknya akan menangani poros yang ditarik kembali pada kendaraan dibangun untuk produsen mobil Ford, Toyota dan Nissan, kata pejabat.

Ini adalah "karena mereka telah menemukan suatu cacat dalam proses manufaktur," kata pejabat.

"Jadi sepertinya, tanpa berhati-hati, Toyota memutuskan untuk menyerahkan sendiri pemberitahuan penarikan kembali kepada kami karena secara teknis, produsen kendaraan bertanggung jawab untuk penarikan kembali."

Toyota telah menarik kembali jutaan kendaraan karena masalah terkait dengan akselerator dan fungsi rem.

Mereka menarik kembali mencakup model-model dengan "akselerator lengket" yang menyebabkan mobil melaju di luar kendali, sebuah kerusakan menunjuk di beberapa tabrakan mematikan, dan telah melebar ke masalah sistem rem di Prius dan model-model hibrida lainnya. (A026/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010