"Nomadland" raih People's Choice Award di TIFF 2020

"Nomadland" raih People's Choice Award di TIFF 2020

Frances McDormand dalam film NOMADLAND. (Searchlight Pictures)

Jakarta (ANTARA) - Film fitur "Nomadland" garapan sutradara wanita Chloé Zhao, telah memenangkan People's Choice Award di Festival Film Internasional Toronto (Toronto International Film Festival/TIFF) 2020.

Dikutip dari Variety, Senin, "Nomadland" yang sebelumnya telah memenangkan piala Golden Lion di Festival Film Venesia itu menjadi pertanda baik bagi peluang Oscar untuk film besutan studio Searchlight itu.

Dalam dekade terakhir, setiap pemenang People’s Choice Award meraih nominasi film terbaik di Academy Awards. Tahun lalu, "Jojo Rabbit" berhasil mendapatkan nominasi, dan sebelumnya, "Green Book" memenangkan Oscar untuk film terbaik.

Pemenang People’s Choice Award lainnya dari 10 tahun terakhir yang meraih kemenangan film terbaik termasuk "12 Years a Slave", "The King’s Speech", dan "Slumdog Millionaire".

Setelah "Jojo Rabbit", "Nomadland" adalah film kedua berturut-turut dari Searchlight yang memenangkan trofi People's Choice Award TIFF, dan ini adalah film kelima secara keseluruhan untuk Searchlight.

Menerima penghargaan dari jarak jauh, Zhao berterima kasih kepada tim festival dan penonton, "Kami tidak dapat melakukan ini tanpa Anda semua. Bioskop adalah tentang berbagi (cerita)."

Zhao juga mengucapkan terima kasih kepada semua penonton yang telah menonton "Nomadland" dari jarak jauh dan pada pemutaran drive-in.

"Kami sangat berterima kasih dan berharap bisa bertemu Anda di masa mendatang," tutupnya.

Sementara itu, runner-up People’s Choice Award TIFF 2020 adalah "One Night in Miami" karya Regina King dan "Beans" karya Tracey Deers.

"Nomadland" berlatar belakang keruntuhan ekonomi sebuah tempat di pedesaan Nevada, dengan Frances McDormand berperan sebagai Fern, seorang wanita yang mengeksplorasi kehidupan di luar masyarakat konvensional sebagai pengembara zaman modern.

Film ini selanjutnya akan menuju ke New York Film Festival dan Montclair Film Festival. Searchlight Pictures rencananya akan merilis film tersebut secara luas pada 4 Desember 2020.

Baca juga: "Nomadland" hingga "Ammonite" masuk jajaran TIFF 2020

Baca juga: "Ammonite" akan jadi film penutup di Festival Film London

Baca juga: Festival Film Sundance 2021 hanya akan dihelat selama seminggu
 

Penerjemah: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Gundala, tembus festival film internasional

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar