Washington (ANTARA News/AFP) - Pemerintah AS mencatat sebuah defisit anggaran lebih kecil dari yang diperkirakan pada Januari, Departemen Keuangan menyatakan Rabu, meskipun kesenjangan diproyeksikan mencapai rekor 1,56 triliun dolar pada 2010.

Defisit 42,634 miliar dolar kurang dari 46,0 miliar dolar yang diperkirakan oleh sebagian besar ekonom dan dibandingkan dengan defisit sebesar 91,41 miliar dolar pada Desember, menurut laporan bulanan Departemen Keuangan.

Kekurangan Januari berasal dari pengeluaran pemerintah 247,87 miliar dolar dan pendapatan 205,24 miliar dolar, kata laporan itu.

Selama empat bulan pertama dari tahun fiskal 2010 yang dimulai 1 Oktober 2009, defisit melebar menjadi 430,7 miliar dolar, yang melompat 8,8 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya, kata Departemen Keuangan.

Defisit untuk tahun fiskal 2009 yang berakhir pada 30 September adalah 1,415 triliun dolar dan proyeksi Gedung Putih awal bulan ini bahwa kesenjangan akan melebar ke rekor 1,556 triliun dolar pada 2010.

Diukur terhadap ukuran ekonomi, kekurangan anggaran pada 2010 akan sama dengan yang besar dan kuat dan tidak berkelanjutan 10,6 persen dari produk domestik bruto (PDB), ukuran luas dari output ekonomi suatu negara.

Para pejabat mengatakan defisit yang berkelanjutan - rasio PDB adalah sekitar tiga persen.

Kekhawatiran tentang membengkaknya defisit, Presiden Barack Obama Kamis akan menandatangani sebuah perintah eksekutif membentuk komisi bipartisan untuk menemukan cara-cara mengurangi kesenjangan, Gedung Putih mengatakan.

Obama telah memilih Demokrat Erskine Bowles, kepala staf Gedung Putih untuk mantan presiden Bill Clinton, dan mantan Senator Partai Republik Alan Simpson dari Wyoming untuk kepala panel, kata pejabat.

Presiden berulang kali telah mengeluh bahwa rencana untuk komisi mandat fiskal congressionally (risalah perundingan parlemen) tewas di Senat - oleh Republik yang sebelumnya telah mendukung gagasan sebagai suatu cara pemangkasan defisit AS yang besar.

Komisi congressionally yang ditunjuk akan mempunyai lebih banyak gigi dan kekuatan untuk memaksa anggota parlemen untuk memilih pada rekomendasi. (A026/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010