Musi Rawas (ANTARA News) - Tiga maskapai penerbangan dalam negeri memastikan mengikuti tender pengoperasian penerbangan di Bandara Silampari, Kabupaten Musi Rawas, Provinsi Sumatera Selatan.

"Sudah ada tiga maskapai dalam negeri yang akan ikut tender yakni Riau Airlines, Bali Airlines dan Wings Airlines. Mereka nanti akan dipilih untuk mengoperasikan penerbangan Bandara Silampari," kata Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika, Kabupaten Musi Rawas, Ari Narsa, Kamis.

Ia mengatakan, tender akan dilaksanakan dalam waktu dekat, sedangkan maskapai yang memenangkan tender akan mengoperasikan penerbangan dari Lubuklinggau-Jakarta.

Pengoperasian penerbangan dilakukan setelah sukses uji coba penerbangan 1 Februari 2010 menggunakan pesawat milik Riau Airlines jenis Fokker 50 dari Lubuklinggau-Jakarta yang berlangsung sukses.

Kendati saat ini panjang landasan pacu Bandara Silampari baru 1.350 meter serta lebar 30 meter, namun untuk pesawat jenis foker pengoperasiannya tidak bermasalah.

Dia memastikan, terhitung sejak April 2010 jalur penerbangan ini sudah dibuka dan didukung dengan keluarnya sertifikat operasional bandara (SOB) Silampari dari kementerian perhubungan.

Pemkab Musi Rawas juga telah menyediakan dana Rp10 miliar untuk menyubsidi maskapai penerbangan di daerah itu secara reguler, terutama untuk membeli kursi yang tidak terjual.

Pesawat yang akan melayani rute Lubuklinggau-Jakarta diupayakan pesawat sesuai dengan hasil uji coba penerbangan sebelumnya yaitu jenis Fokker 50 dan minimal ATR 42.

Dia menambahkan, selama operasi penerbangan, program pengembangan Bandara Silampari untuk menambah panjang landasan pacu dari 1.350 meter menjadi 2.050 meter akan terus dilaksanakan, sehingga pada 2013 bandara ini sudah bisa didarati pesawat berbadan besar jenis Boeing.

PK-NMD/A023/AR09

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010