Menko PMK: Pandemi momentum instal ulang transformasi ekonomi desa

Menko PMK: Pandemi momentum instal ulang transformasi ekonomi desa

Dokumentasi - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/aww/pri.

...dana desa kalau bisa diserap dengan baik agar bisa mempercepat upaya kita untuk menghidupkan kembali gairah ekonomi pedesaan
Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy mengatakan pandemi COVID-19 yang melanda dunia termasuk Indonesia harus dijadikan momentum untuk instal ulang transformasi ekonomi pedesaan.

“Presiden Jokowi menyampaikan fenomena terbalik, bukan lagi urbanisasi tapi justru ada kemungkinan ruralisasi,” kata Muhadjir Effendy setelah Rapat Terbatas “Percepatan Peningkatan Ekonomi Desa” secara virtual yang dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi) dari Istana Merdeka, Jakarta, Kamis.

Dengan ruralisasi, kata dia, orang-orang dari kota yang selama ini mendapat lapangan kerja dan penghidupan di kota akan berduyun-duyun kembali ke desa.

Baca juga: Presiden minta K/L jalankan strategi terintegrasi bangun ekonomi desa

Oleh karena itu, kata Muhadjir, Presiden Jokowi meminta agar skema jaring pengaman perlindungan sosial terutama di pedesaan dipastikan tepat sasaran.

“Kemudian penanggulangan kemiskinan yang sekarang digalakkan oleh berbagai kementerian supaya dikaitkan dengan ekonomi desa,” katanya.

Pada kesempatan rapat, Presiden Jokowi meminta agar daya ungkit desa diperkuat dengan mengoptimalkan potensi lokal desa.

Baca juga: Bank Mandiri: Kesehatan masyarakat syarat utama dorong perekonomian RI

Selain juga potensi anggaran yang ada terutama di Kemendes PDTT supaya bisa direalisasikan secepat mungkin dalam kurun waktu Oktober hingga Desember 2020.

“Dengan demikian daya serap anggaran dana pedesaan, dana desa kalau bisa diserap dengan baik agar bisa mempercepat upaya kita untuk menghidupkan kembali gairah ekonomi pedesaan,” kata Muhadjir.

Baca juga: Mendes : Padat Karya Tunai Desa bakal serap 7,05 juta tenaga kerja

 

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Pertashop, embrio pusat ekonomi baru di desa

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar