Sepak Bola Dunia

De Boer dapat sokongan dari Van Marwijk

De Boer dapat sokongan dari Van Marwijk

Pelatih baru timnas Belanda Frank de Boer dalam foto arsip 26 Juni 2017. (AFP/CHRIS J RATCLIFFE)

Jika KNVB (federasi sepakbola Belanda) menginginkan pelatih timnas yang muda dan juga untuk jangka panjang, saya kira mereka telah mengambil pilihan bagus dengan Frank
Jakarta (ANTARA) - Pelatih baru timnas Belanda Frank de Boer mendapatkan dukungan dari salah seorang pendahulunya, Bert van Marwijk, yang dia asisteni ketika Belanda mencapai final Piala Dunia 10 tahun silam.

De Boer ditunjuk sebagai pelatih baru Belanda kemarin Rabu untuk menggantikan Ronald Koeman dan akan memimpin skuatnya agar lolos ke Piala Dunia di Qatar.

Selain memiliki 112 cap sebagai pemain timnas, De Boer menjadi asisten Van Marwijk ketika Belanda mencapai final Piala Dunia di Johannesburg yang saat itu kalah dalam perpanjangan waktu melawan Spanyol.

Baca juga: Belanda kini dilatih Frank de Boer

"Jika KNVB (federasi sepakbola Belanda) menginginkan pelatih timnas yang muda dan juga untuk jangka panjang, saya kira mereka telah mengambil pilihan bagus dengan Frank," kata Van Marwijk kepada majalah Voetbal International seperti dikutip Reuters.

"Franks memiliki ikatan dengan kelompok pemain ini tetapi bisa juga menjauhkan diri dari mereka jika diharuskan. Dia juga melakukan hal itu sewaktu menjadi asisten."

Pencalonan De Boer dipertanyakan beberapa pengamat beberapa hari belakangan terutama karena kegagalannya saat melatih Inter Milan dan Crystal Palace.

Dia dipecat oleh Inter Milan setelah hanya 85 hari bekerja pada 2016 dan tahun berikutnya cuma bisa bertahan 10 pekan di Crystal Palace.

Baca juga: Crystal Palace pecat manajer Frank de Boer

Tugas terakhirnya di Atlanta United di Major League Soccer dia sukses mengantarkan klub ini menjuarai turnamen piala namun hengkang Juli lalu setelah 18 bulan melatih.

Namun begitu pengalamannya di Ajax di mana menjuarai liga empat kali berturut-turut antara 2011 dan 2014 tak bisa diabaikan, kata Van Marwijk.

"Saya tak tahu mengapa segalanya jadi jelek di luar negeri," kata dia. "Tapi saya tahu pasti dia berkinerja luar biasa bersama pemain-pemain Belanda dengan menjadi juara bersama Ajax empat kali berturut-turut di bawah keadaan yang sulit."

De Boer akan diperkenalkan ke media esok Jumat dan juga mengumumkan skuat pertamanya untuk pertandingan bulan depan melawan Meksiko, Bosnia dan Italia.

Baca juga: Koeman tinggalkan Belanda untuk Barcelona
Baca juga: Posisi Lodeweges terancam setelah Belanda takluk kepada Italia

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar