Bandung (ANTARA News) - Kiper Persib asal Thailand, Shintawechai Hathairattanakol atau Kosin, dilepas bak pahlawan oleh supporter dan kubu tim "Maung Bandung" di Stadion Si Jalak Harupat Soreang Kabupaten Bandung, Sabtu.

Kiper Timnas Thailand itu tampil bersih tak kebobolan pada pertandingan terakhirnya saat mengalahkan Persisam Samarinda 2-0.

Pada pertandingan itu, Kosin digantikan Markus Horison menit ke-80. Ia melakukan salam perpisahan kepada Bobotoh dan mendapat buket bunga yang diserahkan oleh koordinator Bobotoh Bandung.

"Kami merinding melepas kepergian Kosin, ia telah menyatu dengan tim dan pahlawan bagi Persib. Saya berharap kiper pengganti bisa memberikan yang terbaik," kata Firman, salah seorang Bobotoh.

Persib harus kehilangan dua pemain andalannya asal Thailand di tengah musim. Di akhir putaran pertama Persib melepas gelandang andalannya Suchao Nuthnum.

Sementara itu, Pelatih Persib Jaya Hartono melepas kiper andalannya dengan rasa bangga karena kiper rekrutannya telah memberikan andil yang cukup besar bagi Persib.

"Kosin sudah memberikan yang terbaik bagi Persib, ia bermain konsisten di tiap pertandingan. Kinerjanya sangat bagus," kata Jaya.

Ia juga menyebutkan, sebagai pemain Kosin telah memberikan contoh ideal bagi seorang pemain profesional yang bisa menjadi tauladan pemain lainnya.

Namun demikian, kehilangan Kosin bukan hal yang bisa menggoyahkan kekuatan Persib yang kini telah memiliki penggantinya, Markus Horison yang direkrut dari Arema Malang.

Kosin merupakan pemain pinjaman dari Chonburry FC Thailand. Pemain itu harus kembali ke timnya untuk persiapan mengikuti kompetisi Liga Thailand.

(T.S033/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010