PAS terpanggil untuk mendapatkan penjelasan dari UMNO berhubung informasi terjadinya perubahan dukungan anggota-anggota parlemen UMNO terhadap Perdana Menteri Muhyiddin Yassin
Kuala Lumpur (ANTARA) - Partai Islam Se-Malaysia (PAS) meminta penjelasan ke UMNO terkait pernyataan Presiden UMNO Datuk Seri Ahmad Zahid Hamidi yang menyatakan sebagian anggota parlemen partai tersebut mendukung pemimpin oposisi Datuk Seri Anwar Ibrahim.

"PAS terpanggil untuk mendapatkan penjelasan dari UMNO berhubung informasi terjadinya perubahan dukungan anggota-anggota parlemen UMNO terhadap Perdana Menteri Muhyiddin Yassin," ujar Sekjen PAS, Takiyuddin Hassan di Kuala Lumpur, Jumat.

Takiyuddin mengatakan PAS merasakan jika benar keadaan ini bermakna UMNO telah tidak mematuhi persefahaman dan persetujuan yang termaktub dalam Piagam Mufakat Nasional (MN) yang dimaterai pada 14 September 2019.

"Diingatkan Piagam Muafakat Nasional dilahirkan untuk menyatu-padukan umat Islam dalam negara, sekaligus berusaha mengalahkan Pakatan Harapan yang dipimpin PKR, DAP dan Amanah," katanya.

Seandainya peralihan ini benar, ujar dia, bisa dianggap sebagai suatu gerakan yang bertujuan menjatuhkan Pemerintah Perikatan Nasional yang dibangun oleh permufakatan BN, Bersatu, PAS, GPS dan beberapa partai lain yang menjatuhkan pemerintahan PH.

"Sehubungan itu PAS berharap untuk mendapat penjelasan yang sejelas-jelasnya daripada UMNO atas dasar rekan muafakat dalam MN, seterusnya mengajak UMNO untuk kembali menghayati hasrat dan tekad yang telah disepakati secara bersama," katanya.

Presiden Partai Keadilan Rakyat (PKR) dan pemimpin partai oposisi, Datuk Seri Anwar Ibrahim, mengumumkan dirinya sudah mendapatkan dukungan penuh dari anggota parlemen untuk membentuk pemerintahan.

Anggota Parlemen Port Dickson tersebut mengemukakan hal itu dalam jumpa pers di Hotel Le Meridien, Kuala Lumpur, Rabu.

Pewarta: Agus Setiawan
Editor: Fardah Assegaf
Copyright © ANTARA 2020