Menteri PPPA minta orang tua selalu bersihkan diri saat tiba di rumah

Menteri PPPA minta orang tua selalu bersihkan diri saat tiba di rumah

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga . (ANTARA/HO-Humas Kemen PPPA)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Puspayoga mengingatkan agar orang tua dan juga anggota keluarga lainnya, selalu langsung membersihkan diri dan mengganti pakaian setelah tiba di rumah, sebelum menjalankan aktivitas di rumah.

Bintang dalam diskusi di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat, mengatakan hal itu harus selalu dilakukan untuk mencegah penularan COVID-19 kepada anggota keluarga di rumah. Terlebih dalam beberapa waktu terakhir, timbul banyak klaster penularan COVID-19 dari keluarga.

“Ayah, ibu, dan anggota keluarga yang pulang ke rumah, jangan langsung aktivitas dengan keluarga, tapi bersih bersih diri, mandi, ganti baju, untuk cegah klaster keluarga,” ujar Bintang.

Baca juga: Menteri PPPA soroti peran atlet perempuan nasional

Bintang mengatakan sepanjang September 2020, timbul banyak klaster keluarga. Klaster penularan di keluarga muncul diduga karena orang tua atau anggota keluarga lain pergi ke luar rumah tapi tidak menerapkan protokol kesehatan dan membawa virus Corona baru atau SARS-CoV-2 saat tiba di rumah.

Oleh karena itu, Bintang mengatakan, protokol kesehatan benar-benar harus selalu diterapkan tidak hanya di luar rumah, tapi juga di dalam rumah. Misalnya, penggunaan masker di dalam rumah.

“Tetap pakai masker, tidak hanya di luar, tapi di dalam rumah pun, apalagi kalau di rumah ada kelompok rentan yakni balita dan lansia," kata dia.

Bintang juga mendorong perempuan untuk mengingatkan keluarga tentang protokol kesehatan pencegahan penularan COVID-19. Selain tetap menggunakan masker di dalam rumah, anggota keluarga juga harus rajin mencuci tangan dan menjaga jarak.

“Jaga jarak ini penting, apabila tidak begitu penting, mari kita hindari pertemuan offline yang banyak kerumunan,” ujarnya.

Baca juga: Menteri PPPA tekankan wujud kesetaraan gender dalam berbagai bidang
Baca juga: Menteri PPPA suarakan proses pemilu yang ramah anak
Baca juga: Menteri PPPA dorong para ibu berikan ASI ekslusif


Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Menembus batas peran perempuan muda (bagian 1 dari 3)

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar