Washington (ANTARA News/AFP) - Polisi di bagian baratlaut Pakistan telah menangkap Mulvi Kabir, satu dari 10 pemimpin Taliban yang paling dicari dan bekas gubernur Taliban di provinsi Nangahar, Afghanistan, demikian Fox News di laman Internetnya melaporkan Ahad.

Jaringan itu, yang menyebut dua pejabat senior AS yang tak disebutkan namanya, menyatakan bahwa polisi Pakistan menangkap Kabir di distrik Naw Shera di provinsi Northwest Frontier, Pakistan.

Penangkapan itu merupakan "penahanan penting", ujar seorang pejabat senior militer AS di Afghanistan kepada Fox.

Informasi yang membawa pada penangkapan Kabir diperoleh dari Mullah Baradar, orang nomer dua dalam kepemimpinan Taliban, yang penangkapannya diumumkan pada 18 Februari menyusul operasi bersama AS-Pakistan, menurut Fox.

Penangkapan Baradar telah menghasilkan penangkapan beberapa pemimpin Taliban -- orang-orang yang para pejabat AS katakan kepada Fox sebagai "gubernur-gubernur bayangan" yang beroperasi dari perbatasan dan daerah suku Pakistan.

Pentagon mengumumkan bahwa dua pejabat Taliban lainnya ditangkap beberapa hari setelah penangkapan Baradar.

Mereka adalah Mullah Abdul Salam, yang bermarkas di provinsi Kunduz di Afghanistan, dan Mullah Mir Mohammad, yang tinggal di provinsi Baghlan, New York Times melaporkan, dengan mengutip beberapa pejabat Afghanistan. (S008/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010