Jakarta (ANTARA News) - Sidang paripurna yang diikuti 11 komisioner Komnas HAM memilih Ifdhal Kasim kembali menjadi Ketua Komisi Nasional Hak Asasi Manusia periode 2010-2012.

"Sidang paripurna memutuskan memilih Ifdhal Kasim sebagai Ketua Komnas HAM periode 2010-2012," kata ketua sidang pemilihan Hesti Armiwulan di Jakarta, Selasa.

Dalam hasil akhir pemilihan, Ifdhal Kasim memperoleh lima suara dari 11 komisioner Komnas HAM, sedangkan calon lainnya Kabul Supriyadhie memperoleh empat suara.

Selain Ifdhal dan Kabul, calon lainnya adalah Nurkholis yang berhasil meraih dua suara.

Setelah pemilihan Ketua, sidang juga memilih Wakil Ketua I Bidang Internal yang dipercayakan kepada Yoseph Adi Prasetyo dan Nurkholis sebagai Wakil Ketua II Bidang Eksternal.

Sesuai ketentuan Komnas HAM, pemilihan posisi ketua dan wakil ketua dipilih setiap dua tahun enam bulan.

Sebelumnya, Ifdhal Kasim juga merupakan Ketua Komnas HAM periode 2007-2010, dengan didampingi Wakil Ketua Bidang Internal M Ridha Saleh dan Wakil Ketua Bidang Eksternal Hesti Armiwulan.

Sementara itu, posisi Yoseph Adi Prasetyo pada periode 2007-2010 adalah Komisioner Subkomisi Pendidikan dan Penyuluhan, sedangkan Nurkholis pada periode 2007-2010 menjabat sebagai Komisioner Subkomisi Pemantauan dan Penyelidikan.

Saat memimpin sidang pertama kali usai terpilih kembali, Ifdhal mengucapkan terima kasihnya kepada para komisioner yang telah memilih pimpinan baru dan masih mempercayai dirinya untuk menjabat sebagai Ketua Komnas HAM kembali.

"Kami menghargai amanat yang diberikan kepada kami," kata Ifdhal mewakili segenap pimpinan Komnas HAM periode 2010-2012.

Ia juga mengatakan, jabatan sebagai Ketua Komnas HAM merupakan sebuah tanggung jawab yang berat.

(M040/S026)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010