Jakarta (ANTARA) - Pebalap Prancis Julian Alaphilippe menyandang gelar juara dunia pertamanya setelah memenangi balapan nomor men elite pada Kejuaraan Dunia Road Race 2020 di Imola, Italia, Minggu waktu setempat.

Pada balapan yang menempuh jarak 258 km di Sirkuit Emilia-Romagna itu, Alaphilippe baru melancarkan serangan di tanjakan terakhir di Gallisterna pada 12 kilometer menjelang finis.

Dia melakukannya sembari terus memberikan tekanan kepada pebalap lainnya di belakang seperti Wout van Aert (Belgia) dan Marc Hirschi (Swiss).

Alaphilippe sukses mempertahankan posisi terdepan untuk unggul 24 detik di depan van Aert dan Hirschi yang masing-masing finis pada tempat kedua dan ketiga.

"Gelar ini adalah impian dalam karier saya. Saya telah berkali-kali dekat dengan kemenangan, tetapi belum pernah naik podium," kata Alaphilippe seperti dikutip AFP, Senin.

"Ini merupakan puncak karier saya."

Alaphilippe menjadi pebalap Prancis pertama yang menyabet gelar juara dunia sejak Laurent Brochard pada 1997.

Bagi Alaphilippe, musim ini lebih baik dibandingkan tahun lalu ketika dia memenangi Strade Bianche, Milan-San Remo dan Fleche Wallonne sebelum mengenakan jersey kuning Tour de France selama 14 hari.

Sementara pada TdF tahun ini, performa dia tak sebaik tahun lalu. Jersey kuningnya hanya bertahan selama tiga hari setelah memenangkan etape kedua.

Baca juga: Tadej Pogacar juara Tour de France 2020
Baca juga: Dua orang ditahan dalam penyelidikan doping Tour de France


Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2020