Medan (ANTARA News) - Pemerintah Taiwan melalui perwakilannya untuk Indonesia, Andrew LY Hsia menjajaki peluang bisnis dan kemungkinan menjalin sejumlah kerja sama usaha di Sumatera Utara (Sumut).

Upaya penjajakan itu disampaikan Andrew LY Hsia ketika bertemu dengan Gubernur Sumut Syamsul Arifin di Medan, Selasa.

Kepada Gubernur Sumut, Andrew mengatakan peluang bisnis dan kemungkinan kerja sama yang dijajaki itu meliputi bidang agrobisnis seperti pertanian, perikanan dan perindustrian yang banyak terdapat di Sumut.

Selain itu, pihaknya juga berkeinginan menjalin kerja sama dalam pembangunan pelabuhan laut di daerah tersebut.

Keinginan kerja sama itu disampaikan karena pihaknya menilai Sumut memiliki prospek pengembangan ekonomi yang cukup cerah pada masa mendatang.

Karena itu, pemerintah Taiwan merasa sangat tertarik untuk menjalin sejumlah kerja sama bisnis yang berkesinambungan dengan Sumut.

"Kami mewakili pemerintah Taiwan dan asosiasi perdagangan sangat berkeinginan menjalin kerja sama dengan Sumut," katanya.

Andrew LY Hsia juga mengharapkan Syamsul Arifin memberikan kemudahan dalam merealisasikan kerja sama tersebut.

Gubernur Sumut Syamsul Arifin mengatakan, pihaknya menyambut baik dan menyampaikan apresiasi atas keinginan pemerintah Taiwan itu.

Apalagi jika dikaitkan dengan belum maksimalnya pemanfaatan berbagai potensi di Sumut, baik di bidang pertanian, perkebunan mau pun kelautan.

Syamsul Arifin berjanji akan memberikan berbagai kemudahan jika kerja sama antara pemerintah Taiwan dan pemprov Sumut itu terjalin.

"Kalau ada investasi yang akan masuk ke wilayah Sumut tetapi dipersulit perizinannya, itu sama artinya kita tidak mengharapkan investasi masuk," katanya.

Dalam kunjungan itu, Andrew LY Hsia didampingi perwakilan Taiwan di Medan, Lisa Hsia, petugas Palang Merah Taiwan, Afui Chen dan Ketua Umum Ikatan Alumni Taiwan Indonesia/IATI, Matseh Kosasih.
(T.I023/B/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010