Liga 1 Indonesia

Pemain Arema FC jalani tes usap jelang bergulirnya Liga 1

Pemain Arema FC jalani tes usap jelang bergulirnya Liga 1

Pelaksanaan tes usap untuk pemain dan ofisial Arema FC, di Markas Arema FC, Kota Malang, Jawa Timur, Senin (28/9/2020). (ANTARA/HO-Arema FC/VFT)

Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Seluruh pemain, dan jajaran ofisial tim berjuluk Singo Edan, Arema FC, menjalani tes usap atau swab test COVID-19, jelang bergulirnya Liga 1 Indonesia pada Oktober 2020.

Media Ofiser Arema FC Sudarmaji mengatakan bahwa pelaksanaan tes usap kepada seluruh pemain, dan jajaran ofisial tersebut, dilakukan terhadap orang-orang yang akan bertugas dalam zona satu pelaksanaan pertandingan, atau berada dekat dengan pemain, dan lapangan.

"Mereka yang bertugas di zona satu, itu wajib swab test. Pelaksanaan untuk hari ini ada dua grup yang menjalani tes usap," kata Sudarmaji, di Kota Malang, Jawa Timur, Senin.

Sudarmaji menjelaskan, pada pelaksanaan tes usap untuk hari ini, ada sebanyak 32 orang dari pihak ofisial Arema FC yang mengikuti tes tersebut. Sementara untuk pemain Arema FC, ada kurang lebih 26 orang pemain.

Baca juga: LIB : manager meeting Liga 1 tekankan soal protokol kesehatan

Baca juga: Pemain PSIS jalani tes usap di lobi DPRD Kota Semarang

Menurut Sudarmaji, para ofisial yang menjalani tes usap tersebut, bukan hanya ofisial yang secara resmi terdaftar dalam PT Liga Indonesia baru (LIB). Namun, tes usap itu juga meliputi ofisial lain, yang bertugas dalam zona satu.

"Seperti ball boy, kemudian seksi perlengkapan, itu harus mengikuti swab. Mereka tidak masuk di data LIB, namun manajemen memberi kebijakan untuk yang bertugas di zona satu, harus swab," kata Sudarmaji.

Sudarmaji mengharapkan tidak ada pemain dan ofisial yang positif terjangkit COVID-19. namun, jika nantinya didapati ofisial terkonfirmasi positif COIVD-19, pihaknya akan berkomunikasi dengan PT LIB, terkait langkah yang harus disiapkan dalam mengisi kekosongan tersebut.

Baca juga: Bhayangkara FC merasa beruntung saat Arema FC masih adaptasi

"Dua hari lagi kita lihat hasilnya, semoga tidak ada yang positif. Misal ada yang positif, ini kita harus berkomunikasi dengan LIB," kata Sudarmaji.

Liga 1 Indonesia akan dilanjutkan pada Oktober 2020. Pada pertandingan awal, Arema FC akan menjamu Persija Jakarta pada 3 Oktober 2020, di Stadion Kanjuruhan Malang.

Hingga saat ini, di wilayah Malang Raya, tercatat kasus konfirmasi positif COVID-19 sebanyak 3.088 orang. Dari total tersebut, sebanyak 260 orang dilaporkan meninggal dunia, 2.501 orang dinyatakan sembuh, dan sisanya masih menjalani perawatan.

Baca juga: Pemain mulai berkumpul, Persija langsung gelar swab test

Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Arema FC perkenalkan pelatih baru, janjikan tim di papan atas

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar