TOKYO, 24 Februari (ANTARA/Kyodo JBN-AsiaNet) -- Yayasan Perdamaian Niwano akan menganugerahkan Hadiah Perdamaian Niwano ke-27 kepada Ela Ramesh Bhatt dari India dalam mengakui kontribusinya selama lebih dari 30 tahun untuk memperbaiki kehidupan kaum wanita pekerja termiskin dan paling tertindas di negaranya.

     Upacara penganugerahan hadiah akan berlangsung di Tokyo pada 13 Mei. Di samping sertifikat hadiah, Bhatt akan menerima medali dan uang tunai 20 juta yen.

     Bhatt, yang lahir pada tahun 1933 dan pengikut ajaran Mahatma Gandhi, dikenal oleh banyak orang sebagai salah satu perintis luar biasa sekaligus kekuatan wirausaha dalam perkembangan rakyat jelata. Ia, yang dikenal sebagai "revolusioner yang lembut," mendirikan pada tahun 1972 Self-Employed Women's Association (SEWA), sebuah serikat dagang yang sekarang beranggotakan lebih dari 1,2 juta orang. Pada 1974, ia mendirikan SEWA Cooperative Bank yang kini menjangkau tiga juta wanita. Ia, yang pernah menjadi anggota majelis tinggi India, mendirikan dan memimpin Women's World Banking.

     Selama satu dekade, ia juga menjabat sebagai komisaris Rockefeller Foundation. Ia telah memperoleh banyak penghargaan, termasuk Hadiah Ramon Magsaysay dari Filipina dan Legion d'honneur Perancis.

     Dalam memilih Bhatt sebagai penerima penghargaan untuk tahun 2010, Komite Hadiah Perdamaian mengatakan ia merupakan "inspirasi bagi kita semua dengan komitmennya menggembirakan orang-orang yang tertindas dengan secara harfiah memberi mereka alat-alat untuk menjadi penentu takdir mereka sendiri."

     Hadiah Perdamaian Niwano

     Hadiah Perdamaian Niwano ditetapkan pada 1983 untuk menghormati dan mendorong perorangan dan organisasi yang berkontribusi amat besar terhadap pemahaman dan kerjasama antar agama, oleh karenanya memajukan perdamaian dunia. Untuk menghindari penekanan yang tak semestinya pada agama atau kawasan tertentu mana pun, nominasi diminta dari sekitar 700 orang dan organisasi, yang mewakili 125 negara. Hadiah ini diberi nama untuk menghormati pendiri sekaligus presiden pertama organisasi agama Buddha Rissho Kosei-kai, Nikkyo Niwano.

     Yayasan Perdamaian Niwano

     Yayasan Perdamaian Niwano didirikan pada 1978 untuk ikut mewujudkan perdamaian dunia serta meningkatkan budaya perdamaian. Yayasan ini mempromosikan penelitian dan aktivitas lain berdasarkan semangat religius, dan melayani perdamaian di bidang-bidang seperti pendidikan, ilmu pengetahuan, agama dan filosofi.

     SUMBER: Yayasan Perdamaian Niwano

     Kontak:
     Tadashi Takatani
     Yayasan Perdamaian Niwano
     Tel: +81-3-3226-4371
     Fax: +81-3-3226-1835
     E-mail: peaceprize@npf.or.jp
     URL: www.npf.or.jp


Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2010