TOKYO, 13 Mei (ANTARA/Kyodo JBN-AsiaNet) -- Yayasan Perdamaian Niwano pada 13 Mei menganugerahkan Hadiah Perdamaian Niwano ke-27 kepada Ela Ramesh Bhatt dari India dalam mengakui kontribusinya selama lebih dari 30 tahun untuk memperbaiki kehidupan kaum wanita pekerja termiskin dan paling tertindas di negaranya.

     Pada upacara di Tokyo, Bhatt menerima sertifikat penghargaan, medali dan hadiah tunai senilai 20 juta yen.

     Bhatt, yang lahir pada tahun 1933 dan merupakan pengikut ajaran Mahatma Gandhi, dikenal oleh banyak orang sebagai salah satu perintis luar biasa sekaligus kekuatan wirausaha dalam perkembangan rakyat jelata kaum wanita. Ia, yang dikenal sebagai "revolusioner yang lembut," mendirikan pada tahun 1972 Self-Employed Women's Association (SEWA), sebuah serikat dagang yang beranggotakan lebih dari 1,2 juta orang, serta mendirikan bank SEWA pada 1974.

     Bhatt mengatakan dalam pidato penerimaan bahwa filosofinya dapat dilambangkan dengan "tiga kata sederhana -- wanita, kerja dan perdamaian. "SEWA" adalah perjuangan lokal namun itu harus memenuhi pertanyaan global" seperti memperoleh pekerjaan bagi wanita miskin dan mewujudkan perdamaian dunia, katanya. Dalam hal ini, ia melihat hadiah tersebut sebagai "tantangan bagi kita." Tantangan itu adalah untuk mengetahui apakah SEWA "dapat memenuhi tantangan Darfur, Afghanistan atau Sri Lanka" dan untuk mengetahui bagaimana pekerjaan wanita "dapat menciptakan bentuk perdamaian baru," tambahnya.

     Dalam memilih Bhatt sebagai penerima penghargaan untuk tahun 2010, Komite Hadiah Perdamaian mengatakan ia merupakan "inspirasi bagi kita semua dengan komitmennya menggembirakan orang-orang yang tertindas dengan secara harfiah memberi mereka alat-alat untuk menjadi penentu takdir mereka sendiri."

     Hadiah Perdamaian Niwano
     Hadiah Perdamaian Niwano ditetapkan pada 1983 untuk menghormati perorangan dan organisasi yang berkontribusi amat besar terhadap pemahaman dan kerjasama antar agama, oleh karenanya memajukan perdamaian dunia. Untuk menghindari penekanan yang tak semestinya pada agama atau kawasan tertentu mana pun, nominasi diminta dari sekitar 700 orang dan organisasi, yang mewakili 125 negara.

     Yayasan Perdamaian Niwano
     Yayasan Perdamaian Niwano didirikan pada 1978 untuk ikut mewujudkan perdamaian dunia serta meningkatkan budaya perdamaian. Yayasan ini mempromosikan penelitian dan aktivitas lain berdasarkan semangat religius, dan melayani perdamaian di bidang-bidang seperti pendidikan, ilmu pengetahuan, agama dan filosofi.

     SUMBER: Yayasan Perdamaian Niwano

     Kontak:
     Tadashi Takatani
     Yayasan Perdamaian Niwano
     Tel: +81-3-3226-4371
     Fax: +81-3-3226-1835
     E-mail: peaceprize@npf.or.jp
     URL: www.npf.or.jp

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2010