Bandung (ANTARA News) - Wakil Presiden Boediono meminta seluruh kepala daerah mewaspadai wilayahnya terutama area yang termasuk rawan longsor dan segera berkoordinasi dengan gubernur atau wakil gubenur.

"Hal ini sangat penting karena jangan sampai Gubernur tidak memiliki data tentang daerahnya yang rawan bencana atau pun longsor," ujarnya saat meninjau lokasi longsor di Perbukitan Waringin, Pasirjambu, Kabupaten Bandung, Rabu.

Ia menegaskan, jika bupati atau walikota berkoordinasi dengan gubernur maka pemerintah pusat dan pemerintah provinsi bersama-sama akan memetakan dan mengantisipasi kerawanan longsor.

"Saya juga telah melakukan pembicaraan dengan PT Cakra Perkebunan Dewata sebagai pemilik perkebunan ini untuk lebih memikirkan keselamatan para pekerjanya, kalau bisa pindahkan perumahannya ke daerah yang lebih aman," ujarnya.

Boediono yang meninjau lokasi longsor didampingi Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih, Menteri Koordinasi Kesejahteraan Rakyat, Agung Laksono dan Menteri Pekerjaan Umum Joko Kirmanto, memberikan bantuan berupa beras serta menyampaikan belasungkawanya kepada keluarga korban.

Dalam kunjungannya tersebut Boediono yang juga didampingi Gubernur, Ahmad Heryawan dan Wakil Gubernur Jabarm Dede Yusuf serta Bupati Bandung, Obar Sobarna melakukan lawatannya selama satu jam.

Rombongan menggunakan helikopter dan mendarat di Lapangan Desa Tenjolaya dan direncanakan Wapres akan menggelar jumpa pers di Bandara Husein Sastranagara, Rabu sore.

(Ant/S026)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010