Anti Hoax

Indomie dikirim pakai "drone" di Nigeria? Ini penjelasannya

Indomie dikirim pakai "drone" di Nigeria? Ini penjelasannya

Tangkapan layar unggahan video animasi pengiriman Indomie menggunakan pesawat nirawak (drone) oleh pemilik akun Anisiuba dari Nigeria. (Twitter/@Anisiuba_Uche)

Jakarta (ANTARA/JACX) - Sebuah video singkat berdurasi 35 detik menjadi viral di berbagai media sosial karena menampilkan pengiriman sekardus mi instan asal Indonesia, Indomie, dengan pesawat nirawak (drone) yang disebut terjadi di Nigeria.

Video tersebut beredar di media sosial Facebook, Twitter dan YouTube.

Dalam video itu, pesawat nirawak terbang membawa satu kardus indomie. Pesawat itu juga dilengkapi dengan alat gesek kartu perbankan (electronic data capture) sebagai cara pembayarannya.

Sebagian pengguna akun media sosial mengaku percaya bahwa pengiriman kardus Indomie menggunakan drone itu terjadi di Nigeria. 

Namun, apakah benar pengiriman Indomie di Nigeria menggunakan pesawat nirawak seperti ditampilkan dalam video yang viral itu?
 
Tangkapan layar akun @Annisiuba_Uche yang mengatakan pengantaran Indomie di Nigeria menggunakan pesawat nirawak. (Twitter)


Penjelasan:

Melansir situs Cek Fakta AFP, video itu bukanlah kejadian sebenarnya. Video itu merupakan animasi yang menggunakan teknik efek visual tiga dimensi.

Video itu pertama kali diunggah oleh pengguna Twitter @Anisiuba_Uche, pada 26 Agustus 2020. 

"Jadi aku kehabisan Indomie kemarin, butuh pasokan cepat, tidak pernah tau kalau kita punya layanan antar jasa pesawat nirawak di Lagos," demikian narasi yang ditambahkan pada unggahan video itu setelah diterjemahkan dalam bahasa Indonesia.

Narasi asli @Anisiuba_Uche yang diunggah dalam bahasa Inggris itu juga populer di Malaysia, termasuk diterjemahkan ke dalam bahasa Mandarin.

Klaim : Di Nigeria pengiriman Indomie menggunakan pesawat nirawak?
Rating : Misinformasi

Cek fakta: Vaksin Sinovac mengandung babi dan racun berbahaya?

Cek fakta: Benarkah ijazah Jokowi palsu? Cek faktanya

Pewarta: Tim JACX
Editor: Imam Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Menkominfo ingatkan masyarakat tak sulut hoaks, jelang putusan MK

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar