Kain Endek Bali warnai koleksi Christian Dior 2021

Kain Endek Bali warnai koleksi Christian Dior 2021

Kain Endek Bali menjadi bahan pilihan Christian Dior untuk koleksi Spring/Summer 2021 yang di peragakan dalam Paris Fashion Week di Jardin de Tuileries, Paris pada Selasa sore (29/9/2020). (ANTARA/HO-KBRI Paris)

Penggunaan kain Endek Bali untuk koleksi Spring/Summer 2021 oleh Christian Dior merupakan pengakuan yang tinggi terhadap keindahan dan kualitas kain Endek Bali dan berkontribusi positif terhadap dunia fashion internasional. Semoga ini menjadi penyema
Jakarta (ANTARA) - Kain Endek Bali menjadi bahan pilihan Christian Dior untuk koleksi Spring/Summer 2021 yang di peragakan dalam Paris Fashion Week pada Selasa sore (29/9) di Jardin de Tuileries, Paris.

"Penggunaan kain Endek Bali untuk koleksi Spring/Summer 2021 oleh Christian Dior merupakan pengakuan yang tinggi terhadap keindahan dan kualitas kain Endek Bali dan berkontribusi positif terhadap dunia fashion internasional. Semoga ini menjadi penyemangat bagi masyarakat di Bali ditengah tantangan COVID-19," kata Duta Besar RI untuk Prancis Arrmanatha Nasir.

Hal itu disampaikan Dubes RI usai menyaksikan Pagelaran Busana Christian Dior sebagai bagian dari Paris Fashion Week yang berlangsung pada 28 September hingga 6 Oktober 2020, menurut keterangan tertulis KBRI Paris yang diterima di Jakarta, Rabu.

Direktur Artistik Christian Dior Couture, Maria Grazua Chiuri, menggunakan kain Endek Bali tidak hanya untuk koleksi baju namun juga untuk koleksi tas Christian Dior untuk koleksi Spring/Summer 2021.

Dari sekitar 86 desain koleksi terbaru Christian Dior, ada sekitar sembilan motif kain Endek Bali yang digunakan dalam koleksi terbarunya.

Saat berdiskusi dengan Dubes Arrmanatha, Maria Grazua Chiuri mengatakan bahwa inspirasi Christian Dior untuk menggunakan kain Endek Bali karena ingin mengangkat nilai dari kebudayaan serta karya kerajinan tangan terutama oleh para penenun perempuan.

Chiuri menyebutkan bahwa berdasarkan riset yang dilakukan oleh tim Christian Dior, kain Endek Bali merupakan nilai kebudayaan yang sangat sesuai dengan hasil karya yang ingin diangkat oleh Christian Dior.

Sebagai bentuk pengakuan kepada para penenun di Bali, Christian Dior berencana untuk nanti mencantumkan daerah asal kain Endek tersebut pada label pakaiannya.

Christian Dior menyampaikan penghargaannya kepada Pemerintah Indonesia atas dukungan untuk penggunaaan kain Endek sebagai bagian dari koleksi terbarunya.

Kordinasi dan kerja sama antara antara KBRI Paris dan tim Christian Dior dilakukan secara erat untuk memastikan penggunaan kain Endek tersebut sesuai dengan aturan budaya dan adat Bali.

Pemerintah Provinsi Bali memberikan dukungan penggunaan kain Endek Bali dan meminta Christian Dior untuk sepenuhnya menghormati hak atas kekayaan intelektual (HAKI) kain Endek, dan kain Endek yang digunakan harus asli yang diproduksi di Bali.

"Kami memberikan apresiasi yang tinggi atas dukungan dan gerak cepat tim Percepatan Pemulihan Ekonomi Kemlu dan Gubernur Bali beserta timnya, sehingga Christian Dior mendapat dukungan penuh untuk menggunakan kain Endek Bali untuk koleksinya," ujar Dubes Arrmanatha.

Pelaksanaan Paris Fashion Week tahun ini dilakukan dalam skala lebih terbatas karena pandemi COVID-19. Selain memperhatikan penuh protokol kesehatan, jumlah undangan untuk kegiatan peragaan busana juga lebih terbatas.

Baca juga: Selama COVID-19, eksistensi endek di Bali tetap digemari anak muda
Baca juga: Kain tenun diharapkan jadi busana modern kaum milenial
Baca juga: 12 karya budaya Bali masuk daftar warisan budaya tak benda


 

Pewarta: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Azis Kurmala
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar