Tokyo (ANTARA News) - Tsunami setinggi tiga meter dapat melanda pantai Pasifik Jepang, setelah gempa kuat mengguncang Chile, Sabtu, demikian laporan Badan Meteorologi Jepang, Ahad, melalui siaran persnya.

Jepang sendiri diguncang gempa dengan kekuatan 7,3 pada skala Richter di Pulau Okinawa di bagian selatan Jepang, Sabtu pagi waktu setempat, demikian laporan US Geological Survey (USGS), dan lembaga pengawas cuaca Jepang mengeluarkan peringatan tsunami setinggi dua meter.

USGS menyatakan gempa tersebut mengguncang pukul 05.31 waktu setempat Sabtu (03.31 WIB), 52 mil di sebelah timur kota Naha, sekitar 1.600 kilometer di sebelah selatan ibu kota Jepang, Tokyo.

Badan Meteorologi Jepang menyebutkan kekuatan gempa 6,9 pada skala Richter.

Gempa sering mengguncang Jepang, salah satu daerah yang secara seismik paling aktif di dunia. Negara tersebut menghadapi sebanyak 20 persen dempa dengan kekuatan 6 atau lebih di dunia.

Pada Oktober 2004, gempa dengan kekuatan 6,8 pada skala Richter mengguncang wilayah Niigata di Jepang utara, menewaskan 65 orang dan melukai lebih dari 3.000 orang.

Itu adalah gempa paling mematikan sejak sejak gempa dengan kekuatan 7,3 pada skala Richter mengguncang Kobe pada 1995, dan menewaskan lebih dari 6.400 orang.

Tsunami yang dipicu oleh gempa kuat di Chile telah mencapai pantai timur Australia sehingga orang disarankan menjauhi laut, demikian peringatan Joint Australian Tsunami Warning Center (JATWC), Ahad.

Gelombang besar sudah melanda beberapa pulau Polynesia Prancis, dengan membawa gelombang setinggi empat meter dan menimbulkan kerusakan kecil tapi tak ada korban cedera.

Gelombang besar pertama juga telah mencapai Hawaii, kata pemerintah Sabtu. Dari delapan pulau di Hawaii, Big Island adalah yang pertama di terjang tsunami, kata Pacific Tsunami Warning Center federal.

Gempa dengan kekuatan 8,8 pada skala Richter mengguncang Chile pukul 03.34 waktu setempat Sabtu, merontokkan rumah dan rumah sakit, dan memicu tsunami yang bergerak mengancam seluruh wilayah Pasifik.

Pusat gempa hanya 115 kilometer dari Concepcion, kota terbesar kedua di Chile dengan 200.000 warga.

Menurut data paling akhir, jumlah korban tewas akibat gempa yang mengguncang Chile, Sabtu (27/2), sudah mencapai 214 orang.(C003/A038)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010