Jambi (ANTARA News) - Hingga saat ini, salah satu bakal calon gubernur (bacagub) Jambi Madjis Mu`az masih menunggu keputusan Partai Amanat Nasional (PAN) dalam menentukan bacagub, sebab Madjid berharap besar mendapatkan dukungan dari partai berlambang matahari terbit ini.

Ketika ditanya di Jambi, Minggu, Madjid menyatakan sudah mengantongi nama bakal calon wakil gubernurnya di pemilihan umum kepala daerah (Pemilukada) Jambi, dan mengaku sudah mengerucutkan dua nama bacawagub, yakni perwakilan wilayah barat dan timur Provinsi Jambi.

"Semua masih ada peluang, dan dengan calon wakil, saya tetap melakukan komunikasi," kata Bupati Tebo ini.

Dalam keterangan terpisah, Sekretaris Tim Sukses Madjid Muaz, Choiri mengatakan, figur pertama pendamping Madjid Mu`az adalah tokoh yang berasal dari wilayah barat, dan figur berikutnya berasal dari wilayah timur Provinsi Jambi.

Namun Choiri enggan mengungkapkan siapa saja kedua figur bacawagub itu, dan ia mengelak ketika disebutkan salah satu nama itu Ami Taher.

"Nantilah. Yang jelas dalam waktu dekat dari dua nama ini akan segera kita kerucutkan menjadi satu nama," ujarnya.

Ia tidak membantah bila saat ini pihaknya belum mengumumkan pendamping Madjid di pemilihan gubernur Jambi karena masih menunggu kepastian sikap PAN, namun bila nanti sudah melewati waktu, kita akan segera putuskan," katanya.

Chori menyatakan sangat optimistis Madjid Mu`az akan diusung PAN sebab prioritas PAN memang Madjid Muaz.

Sementara itu, tiga tokoh kabupaten Kerinci yang berminat maju di Pemilukada Jambi, yakni M Rahman (Wakil Bupati Kerinci), Ami Taher (mantan anggota DPR-RI/kader PKS), dan Sudirman M Johan (akademisi), menyatakan kesiapannya untuk memunculkan satu figur saja di Pemilukada.

Bentuk konkret dari kesepakatan itu adalah bagi siapa yang paling pertama diajak untuk berpasangan di Pemilukada maka figur lainnya siap mendukung dan tidak maju, dengan tujuan agar suara Kerinci tidak terpecah belah.

Kesepakatan ini berdasarkan hasil kongres masyarakat Kerinci dan Sungaipenuh yang digelar belum lama ini dan langsung ditindaklanjuti dengan pernyataan kesiapan dari tiga tokoh Kerinci tersebut.

Belakangan ini, khusus nama Ami Taher dan Madjid Mu`az disebut-sebut memang sangat getol melakukan komunikasi politik. Bacagub Madjid membenarkan sudah ada pertemuan antara dia dengan sejumlah tokoh Kerinci. (YJ/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010