Gunungkidul (ANTARA News) - Lilik (45), warga Kepek, Wonosari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Selasa sore tercebur ke sumur sedalam 35 meter, namun diduga kuat ia selamat.

Menurut Ketua SAR Darat Vertical Rescue (VR) Gunungkidul Agus Gandhi, korban tercebur ke sumur tidak jauh dari rumahnya sekitar pukul 17.30 WIB itu, hingga pukul 19.00 WIB masih bisa berkomunikasi dengan tim SAR.

"Kami terus berupaya mengangkatnya, dan yang pasti hingga pukul 19.00 WIB kami masih bisa berkomunikasi dengan korban," katanya.

Agus mengatakan, evakuasi terhadap Lilik terkendala kondisi gelap karena sudah malam serta terbatasnya peralatan untuk turun ke dalam sumur.

"Namun, kami terus berupaya agar korban dapat dievakuasi malam ini juga, karena jika sampai menunda besok hari, dikhawatirkan kondisi korban menurun dan bisa berakibat fatal," katanya.

Tim SAR menggunakan lampu penerangan yang ada serta menerjunkan anggotanya untuk turun ke dalam sumur.

"Penolong harus turun ke dalam sumur, karena jika hanya dengan tali yang dijulurkan ke bawah, belum tentu korban akan kuat untuk naik," katanya.

Menurut saksi mata, Udin, yang juga tetangga korban, kejadian yang menimpa pria yang belakangan diduga tengah stres itu, tidak banyak diketahui warga sekitar.

Warga hanya mendengar ada teriakan orang dari dekat lubang sumur di salah satu pekarangan tetangganya.

"Kejadian ini kemudian kami laporkan ke Polsek, dan polisi langsung berkoordinasi dengan tim SAR untuk menolong korban, setelah warga sekitar tidak bisa memberikan pertolongan," katanya.

(U.V001/S026)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010