New York (ANTARA News/AFP) - Saham-saham AS mempertahankan kecenderungan kenaikannya pada Selasa waktu setempat (Rabu pagi WIB) didukung meningkatnya aktivitas korporasi (perusahaan) dan surutnya ketakutan tentang krisis utang Yunani.

Dow Jones Industrial Average naik 2,19 poin (0,02 persen) pada penutupan perdagangan ke 10.405,98, karena indeks blue-chip menyerahkan sebagian keuntungan pada akhir perdagangan.

Indeks komposit Nasdaq menambahkan 7,22 poin (0,32 persen) menjadi 2.280,79 sementara pasar luas indeks Standard & Poor`s 500 naik tipis 2,60 poin (0,23 persen) ke penutupan sementara 1.118,31.

Para analis mengatakan pasar tetap optimis setelah menerima suntikan dari kegiatan merger dan akuisisi minggu ini.

Langkah lain Selasa, produsen pupuk CF Industries membuat tawaran baru untuk pesaing Terra Industries dalam sebuah kesepakatan senilai hampir lima miliar dolar.

Itu adalah jelas upaya untuk menggagalkan kesepakatan perusahaan Norwegia Yara International untuk bergabung dengan Terra Industries.

"Sementara ukuran keseluruhan kesepakatan CF-Terra tidak signifikan pada 4,73 miliar dolar, yang mirip sebuah perang penawaran adalah mendorong penanda pemulihan untuk pelaku pasar saham," kata Patrick O`Hare dari Briefing.com.

Dia mengatakan Wall Street Journal melaporkan Selasa bahwa Yunani akan memperkenalkan langkah penghematan baru 5,4 miliar dolar pada Rabu, di samping rencananya untuk mengeluarkan obligasi 10-tahun minggu ini dalam upaya untuk menghimpun hingga lima miliar euro (6,74 miliar dolar), menawarkan "dukungan" bagi pasar. (A026/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010