Depok (ANTARA News) - Guru Besar Ekonomi Universitas Gunadarma Didin Mukodim mengatakan sumber daya manusia (SDM) yang ada tidak kalah dengan SDM yang dimiliki oleh negara asing.

"Kalau diberi kesempatan SDM kita mampu bersaing," kata Didin, usai dikukuhkan sebagai guru besar ekonomi, di Depok, Jabar, Rabu.

Globalisasi tidak perlu ditakutkan secara berlebihan. "Jangan berlebihan takutnya karena pada dasarnya kita mampu bersaing," katanya.

Ia mencontohkan perusahaan Indomie mampu bersaing di pasar internasional, dengan SDM yang dimiliki Indonesia. Jika memang ada perusahaan yang tidak kuat untuk bersaing maka perlu didorong dengan kebijakan yang mendukung.

Seperti masalah rotan dan hasil-hasil hutan lainnya yang perlu dukungan kebijakan untuk bersaing. "Buatlah kebijakan yang memberikan kesempatan pada perusahaan untuk bisa berbuat banyak dalam berusaha," ujarnya.

Daya saing untuk menghadapi era globalisasi memang perlu ditingkatkan dengan memberikan pelatihan-pelatihan kepada para SDM yang ada. "Pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan keterampilan perlu terus dilakukan," katanya.

Di bidang teknologi informasi maka harus terus diikutsertakan SDM untuk terus meningkatkan kemampuan. "Teknologi kan selalu berkembang harus terus diantisipasi perkembangannya," katanya.
(T.F006/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010