London (ANTARA News) - Pelatih Brasil Dunga mengakui tim asuhannya harus meningkatkan permainan mereka bila ingin terus bertahan lama di ajang Piala Dunia (PD).

Tim Samba menunjukkan sisi baik dan buruk dalam pertandingan persahabatan lawan Republik Irlandia Selasa. Brasil menang 2-0 dalam pertandingan yang berlangsung di stadion Emirates.

Juara lima kali PD dianggap sebagai penantang kuat untuk memenangkan turnamen. Namun Dunga mengaku terkejut dengan label itu karena sering mendengar buruknya penampilan pemain Brasil di Eropa musim ini.

Brasil menang melalui gol bunuh diri Keith Andrews beberapa menit sebelum turun minum dan gol Robinho di menit ke-76.

"Setiap kali Brasil lolos ke Piala Dunia ceritanya selalu sama. Menjadi favorit atau tidak, bukan masalah bagi saya. Kami hanya bermain, kata Dunga sebagaimana dikutip dari AFP.

"Saat berada di Piala Dunia permainan kami harus meningkat dan menambah kecepatan di daerah tertentu," kata pelatih yang menghabiskan waktu tiga setengah tahun untuk membangun tim.

Dunga percaya Robinho telah kembali ke penampilan terbaiknya. "Robinho adalah seseorang yang selalu memiliki emosi besar untuk bermain bagi tim nasional," kata dia.

Robinho mengalami masa sulit di Manchester City, sebelum akhirnya dia kembali ke mantan klubnya Santos.

Robinho nampaknya menjadi salah satu pemain yang masuk dalam daftar pemain PD. Sementara dua pemain AC Milan Ronaldinho dan Alexandre Pato tidak masuk.

"Semua pemain memiliki kesempatan bermain. Baik Ronaldinho maupun Pato juga memiliki kesempatan bermain dan sekarang semua sudah diputuskan," kata Dunga.

Brasil akan menjalani pertandingan pertama melawan Korea Utara di PD.(ENY/A024)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010