Liga Belanda

Tertinggal empat gol, Sparta bangkit dan paksa AZ berbagi satu poin

Tertinggal empat gol, Sparta bangkit dan paksa AZ berbagi satu poin

Pelatih Dick Advocaat memberi arahan kepada sejumlah pemain Sparta Rotterdam pada sesi latihan rutin (2/1/2018). ANTARA/AFP/ANP/Remko de Waal/aa.

Jakarta (ANTARA) - Sparta Rotterdam mampu bangkit setelah tertinggal empat gol dan memaksa AZ Alkmaar berbagi satu poin lewat pertandingan yang berakhir 4-4 dalam laga pekan keempat Liga Belanda di Sparta Stadion pada Sabtu.

Zakaria Aboukhlal dan Dani de Wit masing-masing mencetak dua gol untuk keunggulan AZ di babak pertama. Sparta lantas bangkit dan mengejar ketertinggalan lewat gol yang dibukukan Harroui, Dirk Abels, Lennant Thy, dan Sven Mijnans.

Dengan raihan satu poin itu, Sparta meraih angka pertamanya setelah tiga pertandingan terakhir mereka berakhir dengan kekalahan. Mereka tak bergeming di posisi 17, sementara AZ tetap menghuni posisi 13 dengan raihan tiga poin, demikian catatan resmi Liga Belanda.

Baca juga: Ajax tumbang di tangan Groningen

Saat memasuki menit ke-9, AZ sudah unggul 1-0 berkat sundulan Zakaria Aboukhlal, menerima umpan silang Jesper Karlsson. Lima menit kemudian giliran Dani de Wit yang menggandakan keunggulan AZ atas tuan rumah Sparta Rotterdam.

Berawal dari umpan di sudut sempit Jasper Karlsson, bola kemudian mengarah ke Dani de Wit yang tinggal menyelesaikannya menjadi gol lewat sontekan.

Aboukhlal kembali menjebol gawang Sparta lima menit setelah gol kedua.

Bermula kesalahan umpan dari pemain Sparta yang berniat mengembalikan bola ke belakang, namun tak melihat posisi Aboukhlal yang berdiri tanpa pengawalan, pemain Belanda berdarah Libya itu menguasai bola kemudian melepaskan sepakan melalui celah kaki kiper Sparta.

Kiper Sparta Benjamin van Leer kembali harus memungut bola untuk yang keempat kalinya pada menit 33 setelah Fredrik Midtsjo yang mengambil tendangan bebas, mengirimkan bola untuk diselesaikan Dani de Wit lewat sundulan ke tiang jauh.

Baca juga: Gol menit akhir David Philipp bawa ADO tumbangkan VVV Venlo 2-1

Memasuki babak kedua, Sparta mulai bangkit dan mengejar ketertinggalan. Abdou Harroui memperkecil kedudukan lewat tendangan bebas di dalam kotak penalti pada menit 57.

Berawal dari kesalahan kiper AZ Marco Bizot yang malah mengambil lagi bola dengan tangan, padahal ia sudah mengirimkan umpan ke pemain lain, wasit langsung memutuskan pelanggaran dan memberikan sepakan bebas di dalam kotak penalti. Harroui yang mengambil bola melepaskan tendangan keras yang menggetarkan gawang AZ.

Pemain Sparta Dirk Abels membuat skor menjadi 2-4 saat tendangan indahnya di luar kotak penalti membuat Marco Bizot tak berkutik. Gol kedua itu juga merupakan kesalahan Bizot, yang mengira bola akan menyamping namun nyatanya malah masuk ke gawangnya.

Petakan bagi AZ datang di lima menit jelang waktu normal berakhir. Kiper mereka, Marco Bizot, harus diusir wasit setelah mendapat dua kartu kuning. Ia menjegal langkah Aaron Meijers saat situasi satu lawan satu di dalam kotak penalti.

Lennant Thy yang bertindak sebagai algojo penalti menyelesaikanya dengan sempurna. Dua menit berselang Sparta memaksa kedudukan kembali imbang 4-4 lewat kaki Sven Mijnans. Sepakannya di luar kotak penalti mendarat mulus di gawang AZ.

Berikut susunan pemain:
Sparta Rotterdam (4-1-2-1-2): Benjamin van Leer; Bart Vriends, Mica Pinto, Michael Heylen, Jeffry Fortes (Dirk Abels); Adil Auassar (Laros Duarte); Abdoulrahme Harroui, Deroy Duarte (Aaron Meijers); Bryan Smeets (Sven Mijnans); Lennant Thy, Emanuel Emegha (Danzell Gravenberch).
Pelatih: Henk Fraser

AZ Alkmaar (4-2-3-1): Marco Bizot; Jonas Svensson, Pantelis Chatzidiakos (Ramon Leeuwin), Timo Letschet, Owen Wijndal; Fredrik Midtsjo, Teun Koopmeiners; Jesper Karlsson (Hakon Evjen), Deni de wit, Zakaria Aboukhlal (Hobie Verhuist); Myron Boadu (Ferdy Druijf).
Pelatih: Arne Slot

Baca juga: KNVB terpaksa patuhi larangan penonton dari pemerintah Belanda

Baca juga: Mola TV siarkan hingga 70 pertandingan sepak bola setiap pekan

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar