Brussels (ANTARA News/AFP) - Pemulihan ekonomi Eropa telah melambat, data baru menunjukkan pada Kamis, dengan menggiling kelas berat Jerman menjadi macet pada kuartal keempat 2009 walaupun ada kenaikan untuk Prancis dan Polandia.

Pertumbuhan ekonomi di 16 negara yang memiliki mata uang tunggal euro kurus 0,1 persen selama kuartal lalu dibandingkan 0,4 persen dengan pertumbuhan kuartal ketiga, data lembaga Eurostat mengatakan dalam perkiraan keduanya.

Produk domestik bruto jatuh oleh revisi naik 4,1 persen di zona euro untuk setahun penuh, tambahnya.

Jerman datar setelah mengumumkan pertumbuhan 0,7 persen pada kuartal sebelumnya, tapi Prancis tiga kali lipat laju menjadi 0,6 persen, menurut angka disesuaikan, sementara Polandia -- penuh, pertumbuhan ekonomi tercepat di 27-negara Uni Eropa pada 2009 -- melihat laju dua kali lipat menjadi 1,2 persen.

Di seluruh Uni Eropa, pertumbuhan juga naik sebesar 0,1 persen pada kuartal keempat dibandingkan dengan tiga bulan sebelumnya, dan menurun dengan 2,3 persen pada tahun lalu.

Komisi Eropa Rabu mengusulkan target 10 tahun untuk hijau baru, ekonomi inovatif, berusaha untuk menghindari "penurunan" jangka panjang dari blok yang melemah oleh krisis global dan menghadapi persaingan dari saingannya yang baru berkembang, terutama di Asia. (A026/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010