Kuala Lumpur (ANTARA News) - Indonesia sementara unggul 2-0 atas Malaysia dalam pertandingan prakualifikasi Piala Davis 2010 di stadion Tun Razak, Kuala Lumpur, Jumat sore.

Kemenangan pertama Tim Piala Davis Indonesia diraih Christoper Rungkat, yang menundukkan Ariez Elyaas Deen Heshaam 6-0, 6-1, 6-2, kemudian Sunu-Wahyu Trijati menambah keunggulan Indonesia menjadi 2-0, setelah mengalahkan pemain utama Malaysia, Si Yew Ming, 4-6 7-6 6-2 6-2.

Pada set pertama, Christoper menang mudah atas Ariez, petenis junior dan peringkat ketiga Malaysia, dengan 6-0, namun Aries mampu mencuri satu angka pada set ke-2 dan dua angka pada set ke-3. "Saya lihat Aries belum mampu mengembangkan permainannya di set pertama. Namun di set ke-2 dan ke-3, saya sempat sedikit lengah sehingga dia mencuri angka, namun saya mampu mengakhiri juga," kata Christoper.

Sementara itu, strategi Malaysia adalah mencuri angka pada hari pertama pertandingan dengan menurunkan pemain utamanya Si Yew Ming melawan pemain peringkat ke-2 Indonesia Sunu-Wahyu Trijati. Mereka berharap mampu bermain imbang 1-1 di hari pertama, namun ternyata perhitungan mereka meleset, karena mereka langsung kalah 0-2 dari Tim Davis Indonesia.

Yew Ming unggul di set pertama melalui servis-servis keras yang tidak mampu dikembalikan Sunu, sehingga pemain Indonesia itu di set pertama kalah 6-4.

Servis keras Yew Ming ternyata sangat menguras tenaganya sehingga dia tidak mampu memenangi set ke-2, Sunu kemudian mencuri angka dan memenangki set tersebut dengan skor 7-6. Pemain terbaik Malaysia saat ini sering membuat kesalahan sehingga perolehan angkanya dapat dikejar Sunu.

Pada set ke-3 dan ke-4, penampilan dan daya tahan Yew Ming semakin menurun dan akhirnya Sunu memenangi set ke-3 dengan skor 6-3. Pada set ke-4, Yew Ming makin tampak keletihan dan sempat ketinggalan 0-4 dari Sunu dan ia akhirnya menyerah 6-2.

Prakualifikasi Piala Davis ini akan berlangsung tiga hari hingga Minggu, hari pertama memainkan dua pemain tunggal, sementara hari Sabtu memainkan partai ganda, dan hari ke-3pada hari Minggu, akan dipertandingkan dua tunggal.

Tim Piala Davis Indonesia terdiri atas empat pemain, yakni Christopher Rungkat, Sunu-Wahyu Trijati, Ketut-Nesa Arta, and David Agung Susanto, sedangkan Malaysia menurunkan Adam Jaya, Si Yew Ming, Ariez Elyaas Deen Heshaam and Mohd Assri Merzuki.

Tahun 2006, Tim Tenis Indonesia mengalahkan Malaysia dengan skor 5-0.

Dalam pertandingan di hari pertama ini, Dubes Indonesia untuk Malaysia Da`i Bachtiar menyaksikan pertandingan untuk memberikan semangat pada tim Indonesia, demikian juga Ketua Umum PB Pelti Martina Wdijaja dan Sekjen Soebronto Laras.

(T.A029/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010