Rektor UNP harapkan Dubes India fasilitasi kerjasama dengan kampusnya

Rektor UNP harapkan Dubes India fasilitasi kerjasama dengan kampusnya

Rektor Universitas Negeri Padang Prof. Ganefri, Ph.D. menyerahkan cendramata kepada Duta Besar India untuk Indonesia dan Timor Leste Pradeep Kumar Rawat saat mengunjungi UNP di Padang, Senin. (antarasumbar/Istimewa)

Padang (ANTARA) - Rektor Universitas Negeri Padang (UNP) Prof. Ganefri, Ph.D. mengharapkan Duta Besar India untuk Indonesia dan Timor Leste, Pradeep Kumar Rawat bisa membantu memfasilitasi kerjasama UNP dengan beberapa perguruan tinggi yang ada di India.

"Kami berharap Pak Dubes bisa membantu memfasilitasi kerjasama Universitas Negeri Padang dengan beberapa Perguruan Tinggi yang ada di India," ungkap Rektor saat menyambut kedatangan Dubes India ke UNP di Padang, Senin.

Rektor menambahkan bahwa kedatangan Dubes India selain untuk mempererat hubungan antara kedua negara, pihak UNP juga ingin memanfaatkan kerjasama UNP dengan beberapa perguruan tinggi yang ada di India terutama untuk memberikan peluang dosen-dosen yang ada di UNP atau alumni UNP yang mau melanjutkan studi ke India.

"Karena India menyediakan banyak fasilitas full scholarship bukan harus dosen tapi siapapun bisa mengajukan jadi semua alumni UNP yang punya kemampuan bahasa Inggris bagus mereka bisa submit belajar di India," ujar Rektor.

Baca juga: Rektor UNP: Nilai perdamaian harus ditanamkan sejak dini

Baca juga: Pemprov Sumbar gandeng UNP untuk PPDB SMA 2020


Rektor menambahkan bahwa ia juga ingin mahasiswa di India dapat belajar ke UNP karena ia juga ingin memperbanyak mahasiswa internasional yang belajar di UNP.

"Kami ingin memperbanyak mahasiswa internasional belajar di UNP tapi karena adanya COVID-19 maka sementara masih ditunda tapi proses tetap jalan tinggal nanti berangkat saja," jelas Rektor.

Selain itu, dalam kunjungan Dubes India tersebut, Rektor juga menawarkan kerjasama yaitu bagi orang India yang mau melakukan studi lanjut bisa di Universitas Negeri Padang.

Dia menambahkan bahwa dari Dubes India menawarkan kerjasama yaitu akan memfasilitasi dalam memberikan bantuan beasiswa untuk alumni Universitas Negeri Padang termasuk dosen yang mau studi lanjut mengambil gelar Doktor di India.

Duta Besar Pradeep Kumar Rawat dalam sambutannya mengatakan bahwa ia ingin meningkatkan hubungan lebih baik lagi terutama dalam hal teknologi digital.

"Saya berpikir dapat meningkatkan hubungan lebih baik lagi terutama dalam hal teknologi digital dan kami punya program beasiswa di India seperti India corner pada beberapa universitas untuk mengenalkan India lebih baik lagi dan ini merupakan keuntungan yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa," ujarnya.

Ia juga menekankan bahwa setiap manusia saat ini harus bisa memakai IT, kita harus mempersiapkan diri lebih baik lagi sedari dini dan lingkungan yang baik untuk belajar.*

Baca juga: Prof Ganefri terpilih menjadi rektor UNP periode 2020-2024

Baca juga: UNP bagikan 1.000 paket sembako untuk mahasiswa

Pewarta: Laila Syafarud
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Mahasiswa UNP ciptakan Robot untuk antisipasi COVID-19

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar