Jakarta (ANTARA News) - Proses penyelesaian kasus Bank Century yang menguras energi pemerintah maupun pihak DPR diakui sedikit banyak berpengaruh terhadap transaksi saham di Bursa Efek Indonesia.

"Kami melihat dari sisi transaksi, suka atau tidak suka memang ada pengaruhnya, nilai transaksi memang sedikit menurun, itu lebih kepada lokal sentimen," kata Direktur Penilaian Perusahaan PT Bursa Efek Indonesia (BEI) Eddy Sugito, di Jakarta, Senin.

Eddy Sugito mengatakan, pemerintah terganggu fokusnya dalam menyelesaikan pembangunan negara, sedangkan DPR terbengkalai menggarap pekerjaan legislasinya.

Tidak hanya itu pelaku pasar juga terkuras fokusnya hanya untuk melihat perkembangan politik kasus Century, sementara pasar ditinggalkan sehingga ada sedikit pengaruh penurunan pada transaksi saham, katanya.

Menurutnya, skandal Century membuat investor harus selalu fokus mengamati dan mengawasi setiap perkembangannya, apakah perubahan situasi politik yang terjadi membahayakan investasinya.

"Banyak energi yang dibuang di sana. Investor, khususnya lokal menjadi harus selalu memantau arah politiknya,"katanya.

Dia berharap permasalahan Bank Century cepat selesai, karena saat ini adalah momentum tepat dan kondusif bagi indeks untuk menguat, apalagi kondisi fundamental positif dan kondisi eksternal juga sangat mendukung.

B008/H-CS/AR09

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010