Kuala Lumpur (ANTARA News) - Di Malaysia beredar CD (compact disc) berisi rekaman video ulama terkenal di dunia Prof Dr Yusuf al-Qaradawi yang mengeluarkan fatwa soal kasus tuduhan sodomi yang dilakukan Anwar Ibrahim terhadap bekas stafnya Mohd Saiful Bukhari.

Dalam rekaman CD, fatwa ulama dunia Islam itu menegaskan bahwa isu itu berkaitan dengan hukum Islam dan ahlak, demikian menurut Malaysiakini.com, Senin.

Rekaman video CD itu dibuat di rumah Prof Dr Yusuf di Doha Qatar selama 33 menit dan terjemahan bahasa Arab ke bahasa Melayu dilakukan oleh pengurus PAS (partai Islam Se-Malaysia) Abdul Ghani Shamsuddin.

CD yang berjudul "Fatwa Mutakhir Dr Yusuf al-Qaradawi Terkait konspirasi II terhadap Datuk Seri Anwar Ibrahim" telah diterbitkan oleh Women`s Institute of Research Development dan Advancement (WIRDA) diberikan secara gratis.

Anwar dalam pidatonya saat merayakan kemenangan Pakatan Rakyat dalam Pemilu 2008 di Kampung Bahru, Minggu malam mengatakan bahwa Dr Yusuf - yang merupakan Ketua Ulama Islam Sedunia - menegaskan kepadanya bahwa isu yang dihadapinya itu berkaitan dengan hukum Islam dan akhlak.

Anwar menambahkan, dalam CDnya presiden ulama sedunia itu mengutip ayat-ayat al-Quran dan Hadis serta alasan-alasan dia mengeluarkan fatwa tersebut.

Ini bukan soal PAS, atau PKR, tetapi ini soal akidah dan akhlak. Dr Yusuf berkata kepada saya, bahawa beliau bertanggungjawab di akhirat kelak dengan fatwanya ini, kata Anwar.

Dalam ceramahnya, Anwar sebagai anggota parlemen Malaysia dari Permatang Pauh, mengatakan Dr Yusuf telah mengeluarkan fatwa bahawa siapa yang merancang dalam fitnah kasus sodomi ini, baik secara langsung atau tidak langsung, hukumnya adalah "munafik"

Anwar juga berkata fatwa Dr Yusuf juga menyebut, siapapun yang membantu menyebarkan berita fitnah tersebut maka jatuh hukumnya sebagai fasik. Orang yang fasik tidak boleh diterima kesaksiannya dan kebenaran percakapannya sepanjang hidup.

(ANT/S026)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010