Medan (ANTARA News) - Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menyerahkan sepenuhnya pemilihan figur calon ketua umum baru partai itu kepada kongres yang akan berlangsung di Bali, 5-9 April mendatang.

"Biar itu ditentukan kongres. Keputusan itu harus dirundingkan nanti di kongres," katanya ketika membuka Konferensi Daerah III DPD PDI Perjuangan Sumatera Utara di Medan, Rabu.

Megawati yang telah memimpin PDIP selama 12 tahun itu mengaku masih diminta untuk menghadiri seluruh Konferda PDI Perjuangan di 33 provinsi.

"Saya diminta membuka semua konferda dan di banyak tempat saya diminta untuk maju lagi di kongres nanti. Itu suara dari bawah yang tidak bisa diabaikan. Itu bukan suara kalangan pengurus PDI Perjuangan," ujarnya.

Menurut Presiden RI ke-5 itu, sejauh ini telah berlangsung konferda di 16 provinsi dan masih ada 17 konferda lagi.

Menurut Megawati, ke-16 konferda yang sudah berlangsung itu telah memintanya maju kembali menjadi Ketua Umum DPP PDI Perjuangan.

"Tapi itu baru sebatas permintaan. Nantinya saya akan dengarkan lagi hasil-hasil yang mengerucut di kongres di Bali," ujarnya.

Pada kesempatan itu Megawati menampik tuduhan dia berambisi kembali menjadi Ketua Umum DPP PDI Perjuangan. "Apalah yang saya dapat dengan menjadi ketua umum. Ini semua hanya pengabdian untuk partai dan juga untuk bangsa dan negara," tandas Megawati. (*)

ANT/AR09

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010