Makassar (ANTARA News) - Tiga pejabat utama jajaran Polda Sulselbar, yakni Kapolwiltabes Makassar Kombes Pol Gatta Chairuddin, Kapolres Makassar Timur AKBP Mansjur dan Direktur Intelkam Polda Kombes Pol Sugi Pamilih, dicopot dari jabatannya.

"Memang benar ada pergantian pejabat di jajaran Polda Sulselbar tetapi jangan disangkut pautkan dengan insiden kericuhan HMI dengan polisi," kata Kabid Humas Polda Sulselbar Kombes Pol Hery Subiansauri di Makassar, Rabu.

Dikatakannya, mutasi dilakukan untuk penyegaran dan kebutuhan organisasi karena mutasi dalam kepolisian adalah hal yang wajar untuk kemajuan suatu organisasi.

Berdasarkan Surat Telegram Rahasia (STR) Mabes Polri Nomor: STR/193/III/2010, tertanggal 9 Maret 2010, Kapolwiltabes Makassar Kombes Pol Gatta Chairuddin akan menduduki jabatan baru sebagai Kepala Biro Binamitra Polda Jawa Barat (Jabar).

Kombes Pol Drs Chairul Anwar yang menjabat Katim VIII/Perompakan Pkan (TNCC) Bareskrim Mabes Polri akan menjabat sebagai Kapolwiltabes Makassar.

Dua perwira lainnya yang dimutasi yakni Dir Intelkam Polda Sulselbar Kombes Pol Sugi Pamilih akan menjabat sebagai Analis Utama Tingkat II Roanalisis Baintelkam Polri.

Tempat Sugi diambil alih Kombes Pol Erwin Triwanto yang sebelumnya menjabat Kaden A 1 Dit A Baintelkam Mabes Polri.

Sedangkan untuk Kapolres Makassar Timur dari AKBP Mansjur yang telah diangkat sebagai Kasubbag Renbinnis Set Pusdalops Sdeops.

Posisi Mansjur akan dijabat AKBP Totok Lisdiarto yang sebelumnya menjabat Kaden A Sat Brimob Polda Sulsel.

Hery menambahkan, mutasi yang dilakukan Mabes Polri dilakukan secara besar-besaran dengan memutasi 32 perwira menengah (Pamen) Polri diseluruh Indonesia.

"Jadi tidak benar kalau ketiganya dicopot karena insiden penrusakan Sekretyariat HMI dan bentrokan. Mutasi ini mutasi Mabes Polri secara besar-besaran," katanya.

(ANT/S026)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010