Jakarta (ANTARA News) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pusat memprakirakan ketinggian gelombang laut di wilayah Banten selatan mencapai dua meter hingga tiga meter pada Rabu (10/3) mulai pukul 19.00 WIB hingga Kamis (11/3) pukul 07.00 WIB.

"Prakiraan ketinggian gelombang laut kisaran tiga meter di beberapa perairan di Indonesia," kata petugas BMKG pusat, Eko Hadisantoso di Jakarta, Rabu malam.

Petugas BMKG juga menyebutkan potensi gelombang perairan yang mencapai tiga meter berpeluang terjadi di Perairan Aceh Utara, Laut Natuna, Perairan Kepulauan Riau bagian timur.

Selanjutnya, Perairan Bangka Utara dan Laut SulawesiPerairan Kepulauan Anambas, Laut Natuna bagian utara, serta Filipina bagian timur.

"Sedangkan ketinggian gelombang di Laut Cina Selatan berpotensi hingga empat meter," ujar Eko.

Eko mengatakan, gelombang di Peraian Merak - Bakauheni dan Gilimanuk - Kepatang terlihat dalam kondisi normal dengan ketinggian 0,25 meter hingga 0,75 sehingga transportasi laut, jenis kapal ferry jenis "roll on roll off" (Roro) bisa beroperasi.

Terkait dengan cuaca pada Kamis pagi hingga malam di sekitar Jakarta dan sekitarnya, Eko menjelaskan mayoritas berpeluang terjadi hujan ringan, sedangkan hujan lebat diprediksi terjadi di Kepulauan Seribu pada Kamis pagi.

Petugas BMKG juga memprakirakan tidak akan ada kiriman air banjir dari wilayah Bogor ke daerah Ibu Kota Khusus (DKI) Jakarta, pada Rabu malam hingga Kamis malam karena wilayah Bogor terpantau mengalami hujan ringan.

(T.T014/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010