Teresopolis, Brazil (ANTARA News) - Pelatih Afrika Selatan Carlos Alberto Parreira berharap timnya akan mempelajari dan memainkan "gaya Samba" dengan pada putaran final Piala Dunia setelah dalam waktu berbulan-bulan melakukan latihan di Brazil.

Parreira yang membawa 29 pemain menuju pusat latihan Brazil di Teresopolis mengatakan, tim Afsel akan melakukan serangkaian pertandingan persahabatan melawan klub-klub Brazil untuk pemanasan menjelang Piala Dunia supaya terpengaruh dengan gaya permainan Brazil, sebagaimana dikutip dari Reuters.

"Ide membawa mereka ke sini adalah karena gaya sepak bola dunia ini menarik," kata mantan pelatih Brazil itu.

"Para pemain besar Brazil pernah berlatih di sini bersama timnas, saya ingin ini menjadi inspirasi bagi para pemain kami," katanya.

Parreira mengatakan, sepakbola Afsel sering berubah gaya permainannya, itu mencerminkan bahwa di negara tersebut sering berganti-ganti pelatih.

"Sepak bola Afsel tidak pernah punya jati diri, mereka memakai berbagai pelatih asal berbagai negara," katanya.

"Kami (Brazil) punya kualitas untuk meletakkan bola di lapangan, dan tidak ada yang lebih baik dari bermain di Brazil, melawan tim Brazil, dan para pemain Afsel akan mendapat kesan," katanya.

Parreira mengatakan 15 dari 29 pemain timnas Afsel yang dibawa ke Brazil akan bertanding persahabatan melawan Cruzeiro, Fluminense, Botafogo, Santos dan Palmeiras serta beberapa klub kecil lainnya.

Sementara itu, pemain top Afsel seperti Benny McCarthy dan Steven Pienaar tidak boleh meninggalkan klubnya untuk kamp latihan di Brazil tersebut, termasuk untuk pertandingan melawan Paraguay di Asuncion pada 31 Maret.(A020/A024)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010