Liverpool (ANTARA News) - Kalau mengabaikan lampu lalu lintas dan batas kecepatan, pasti akan mengundang masalah besar jika dilakukan di jalan. Nah, sensasi yang sama bisa didapat cukup di depan televisi, tepatnya dengan menikmati video game balap baru yang akan  segera keluar.

Game Sony Computer Entertainment "Gran Turismo 5" dari polyphony Digital, Blur dari Activision Blizzard's dan Split/Second dari Disney Interactive Studios, sebentar lagi akan dipasarkan di toko-toko dari para pembuat game di seluruh dunia.

Analisis videogame Arcadia Research, John Taylor mengatakan pada tahun 2004, game balap hanya sekitar  9 persen dari seluruh penjualan video game di Amerika Serikat (AS). Nampaknya sekarang lebih dari dua kali lipat.

Dia mengatakan genre balap masih memiliki waralaba yang kuat seperti "Mario Kart Wii" keluaran Nintendo, "Forza Motorsport" keluaran Microsoft dan "Gran Turismo" keluaran Sony.Menurut analis Anita Frazier, penjualan pada tahun 2009 senilai 48 juta dolar AS.

"Saat ini, lebih dari 20 persen dari pemain game AS memilih  jenis action'  atau permainan olahraga balap. Menurut data demografi, mereka adalah pemuda, "kata Michael Cai, wakil presiden perusahaan riset di media dan riset teknologi Interpret, sebagaimana dikutip dari Reuters Life.

Studio game yang berbasis di Liverpool, Bizarre Creations membuat lompatan dengan game balap "Blur". "Project Gotham Racing" dari Microsoft terjual lebih dari 7 juta kopi pada Xbox 360, termasuk 2,9 juta unit di AS, data itu berdasarkan The NPD Group.

"Setelah mengerjakan begitu banyak simulasi balap kami ingin kembali mendatangkan kesenangan  ke dunia balap," kata Ged Talbott, pemimpin desainer Blur pada Bizarre Creations.

"Untuk melakukannya, kami mengkombinasikan kendaraan dunia nyata dengan keakuratan secara fisika dan trek tambang dengan dorongan nitro pada detail akurat seperti dermaga Los Angeles dan pusat kota Tokyo.

Pengembang lainnya dari Inggris, Black Rock Studios yang berkedudukan di Brighton, memberi aksi balap yang memicu adrenalin dengan "Split/Second".

Black Rock membuat lompatan dari game off road terlarisnya seperti "Pure" keluaran Disney Interactive Studios ke arena jalanan dalam reality show futuristik yang mengadu delapan pebalap satu sama lain dalam pertarungan memperebutkan rating televisi sedunia.

"Saat anda mengemudi di kota ini, lingkungan trek akan berubah, membuka jalan pintas untuk mengacaukan kompetisi anda," jelas Nick Baynes, direktur Black Rock Studio."Ada ledakan dimana-mana dan barang-barang berjatuhan saat anda berusaha bertahan selama satu musim penuh," kata Baynes.

Studio yang berbasis di British Columbia, United Front Game menambahkan kejutan pada genre balap dengan "ModNation Racers" keluaran Sony.

"Game ini adalah alat yang membuat para pemain bisa menciptakan apapun yang mereka mau dan kemana membaginya di lingkungan gamers," kata Mike Olson, pembuat "ModNation Racers".

Sony sudah menjual 55 juta kopi simulasi balap waralaba "Gran Turismo" di seluruh dunia. Judul terbarunya, "Gran Turismo 5" akan tersedia untuk pengguna PlayStation 3 musim gugur ini dan memasukkan NASCAR ke garasi balapnya.

Game diperkirakan akan menampilkan lebih dari 1000 mobil, mulai dari mobil Jepang sampai ke mobil konsep serta trek dari seluruh dunia. Game itu juga untuk pertama kalinya menampilkan teknologi 3D stereoskopis. Game-game balap membuat penggemar menunggu sekuelnya.

Electronic Arts sudah menjual lebih dari 100 juta kopi game "Need for Speed" selama lebih dari 16 tahun. Si pembuatnya kini menghadirkan game balap itu ke dalam massively multiplayer online (MMO) atau game online multiplayer, musim panas ini dengan "Need for Speed World".

Yang membedakan game online baru ini dari pesaing adalah bahwa konten akan selalu update dengan lisensi baru kendaraan dan trek sehingga selalu memberi pengalaman baru.(ENY/A038)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010