Washington (ANTARA) - Universitas Yale pada Kamis digugat oleh Departemen Kehakiman Amerika Serikat, yang menuduh sekolah tinggi Liga Ivy itu melakukan diskriminasi ilegal antara calon murid ras Asia dan ras kulit putih dalam penerimaan untuk program sarjana.

Departemen Kehakiman AS mengatakan diskriminasi oleh Universitas Yale atas dasar ras dan kebangsaan melanggar Undang-Undang Hak Sipil Bab VI tahun 1964.

Gugatan terhadap Yale yang dilayangkan pada Kamis itu menyusul penyelidikan dua tahun yang diikuti keluhan oleh kelompok warga Asia-Amerika tentang praktik penerimaan murid oleh universitas yang berbasis di New Haven, Connecticut.

Departemen Kehakiman pada Agustus telah mengatakan bahwa pihaknya siap untuk menuntut jika Universitas Yale tidak mengambil "tindakan perbaikan."

Yale tidak segera mengomentari gugatan tersebut. Universitas itu sebelumnya membantah tuduhan diskriminasi, dan mengatakan bekerja sama dengan penyelidikan pemerintah.

Departemen Kehakiman AS sebelumnya telah mengajukan arahan hukum yang mendukung gugatan oleh para penentang tindakan afirmatif yang menuduh Universitas Harvard melakukan diskriminasi terhadap warga Asia-Amerika.

Sumber: Reuters
Baca juga: Permias Nasional keluarkan imbauan hadapi diskriminasi, rasialisme
Baca juga: Pengadilan izinkan Yale simpan lukisan Van Gogh
Baca juga: Tony Blair Jadi Dosen di Yale

Penerjemah: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2020