Cianjur (ANTARA News) - Sedikitnya empat rumah beserta penghuninya tertimbun longsoran tanah dari tebing setinggi 70 meter, di Kampung Ciawitali, Desa Sukamekar, Kecamatan Sukanagara, sekira 48 km dari pusat kota Cianjur, Jabar, Kamis.

Suryana, petugas di Polsek Sukanagara yang dihubungi melalui telefon, menyatakan, akibat hujan yang turun dengan deras dari siang hingga sore, tebing setinggi 70 meter yang mengelilingi kampung itu ambruk dan menimpa rumah.

Hingga pukul 20.15 WIB, proses evakuasi terhadap empat keluarga yang tertimbun masih mengalami kendala, terutama karena gelapnya perkampungan itu karena tidak ada fasilitas penerangan.

Dalam keadaan biasa, perkampungan itu bisa ditempuh selama empat jam dari kota Cianjur karena daerahnya yang sulit dicapai dengan kendaraan.

Informasi dari polisi setempat menyebutkan, selain menimbun empat rumah beserta penghuninya, longsor pun memutuskan akses jalan utam yang menghubungkan desa tersebut ke Kecamatan Sukanagara.

Mengutip keterangan saksi, polisi menyebutkan, peristiwa ituketika hujan turun deras siang hingga sore, sehingga sebagian warga memilih untuk berada di dalam rumah.

Sekitar pukul 17.30 WIB, terdengar suara gemuruh dan dentuman, akibat tebing setinggi 70 meter yang berada di sekeliling kampung longsor.

"Ketika itu, warga yang berada di dalam rumah tidak sempat menyelamatkan diri. Dalam hitungan detik longsoran tanah menutup empat rumah beserta penghuninya," kata Suryana.

Hingga malam hari, upaya evakuasi masih dilakukan masyarakat sekitar dibantu aparat kepolisian dan koramil.

"Sampai jam 19.30 WIB, warga dan aparat, masih melakukan pencarian dengan cara manual, meskipun minim penerangan," kata polisi itu.
(U.K-FKR/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010