Mamuju (ANTARA News) - Sulawesi Barat (Sulbar) memiliki potensi kandungan emas yang siap dikelola terdapat di sejumlah Kabupaten yang ada di wilayah itu.

Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sulbar, Agussalim Tamadjoe di Mamuju, Sabtu, mengatakan, kandungan emas yang ada di Sulbar diantaranya terdapat di Kabupaten Mamuju, dan Kabupaten Polman.

Ia mengatakan, kandungan emas di Mamuju merupakan bahan galian unggulan, yang potensinya terdapat di beberapa Kecamatan di wilayah itu.

Diantaranya kata dia, terdapat di Dusun Batuisi Desa Karataun Kecamatan Kalumpang kemudian di Desa Bonehau Kecamatan Bonehau serta di wilayah Kecamatan Topoyo dan Korossa.

Menurut dia di sejumlah Kecamatan itu ditemukan kandungan emas pada kedalaman 96,55-125 meter dibawah tanah, kadar emas di wilayah itu sekitar 28,5-56,61 Ppm.

Ia mengatakan, kadar emas yang ditemukan di wilayah tersebut, dalam bentuk urat-urat mineral Sulfida, juga ditemukan dalam bentuk pasir pada sungai sebagai emas letakan.

"Saat ini kandungan emas tersebut dikelola secara manual masyarakat setempat dalam bentuk swadaya dengan membangun koperasi," katanya.

Sementara itu, kandungan emas yang ada di wilayah lainnya di Sulbar yakni di Kabupaten Polman terdapat di Desa Ongko Desa Sumarrang Suruan Kecamatan Tapango.

Ia berharap investor dapat mengola kandungan emas yang dimiliki Sulbar tersebut dengan memanfaatkan masyarakat setempat untuk meningkatkan pendapatan. (MFH/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010