MotoGP

Petrucci bawa Ducati juara GP Prancis, Alex Marquez runner-up

Petrucci bawa Ducati juara GP Prancis, Alex Marquez runner-up

Pebalap tim Ducati Danilo Petrucci melakukan selebrasi setelah menjuarai Grand Prix Prancis di Le Mans, Prancis. (11/10/2020). ANTARA/REUTERS/Stephane Mahe/aa.

Jakarta (ANTARA) - Danilo Petrucci merebut kemenangan pertama Ducati di Sirkuit Le Mans di saat para rival kewalahan mengatasi balapan basah Grand Prix Prancis, Minggu.

Itu merupakan kemenangan MotoGP kedua bagi pebalap Italia itu setelah menang di Mugello, Italia, tahun lalu.

Sebelum hari ini, Ducati belum pernah menang di Le Mans sejak sirkuit itu menjadi tuan rumah Grand Prix pertama kali pada 1969 dan mulai tahun 2000 menjadi bagian permanen kalender MotoGP.

Baca juga: Lima Ducati terdepan mengancam di Le Mans

Rookie tim Repsol Honda Alex Marquez tampil sensasional merebut podium pertamanya di kelas premier setelah finis runner-up, terpaut 1,273 detik dari sang juara dan Pol Espargaro melengkapi podium di tempat ketiga untuk KTM, demikian laman resmi MotoGP.

Di musim balapan yang terdampak pandemi itu, persaingan pebalap sangat ketat di mana tujuh pebalap berbeda memenangi balapan dari sembilan seri yang telah digelar.

Dinamika balapan berubah seketika ketika hujan turun pralomba dan race director menyatakan balapan basah dan start ditunda untuk persiapan mengganti ban hujan.

Itu merupakan balapan basah pertama kalinya sejak Valencia 2018.

Meski publik tuan rumah berharap kepada Quartararo untuk menjadi pebalap pertama yang juara di kandang, Ducati sudah menjadi ancaman sejak mengirimkan lima pebalapnya di sembilan posisi start terdepan.

Baca juga: Quartararo rebut pole position GP Prancis
Baca juga: Quartararo tercepat di FP3 jelang kualifikasi GP Prancis


Dan benar saja, Danilo Petruci, Andrea Dovizioso dan Jack Miller melesat ke depan di saat pole sitter Fabio Quartararo menjalani start yang buruk di lap pembuka.

Quartararo kesulitan mendapatkan ritme balapan di kampung halamannya kali ini hingga terlempar dari peringkat 10 besar. Demikian pula para pebalap Yamaha lainnya seperti Maverick Vinales dan Franco Morbidelli.

Selanjutnya Valentino Rossi

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

MotoGP Mandalika 2021, ini potensi keuntungannya

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar