Brussels (ANTARA News/AFP) - Para menteri keuangan zona euro pada Senin menyetujui bentuk penyelamatan Yunani yang dapat "cepat" menyumbat kesenjangan dalam perjuangan Athena untuk mengontrol keuangannya yang buruk sekali.

Para menteri tampaknya mengesampingkan penggunaan penjaminan pinjaman di bawah persyaratan bantuan yang akan melibatkan semua negara zona euro, tapi tidak membeberkan jenis atau detail dari setiap bantuan akhir tersebut.

"Kami telah menjelaskan modalitas yang akan memungkinkan kita untuk mengambil tindakan terkoordinasi," kata Perdana Menteri Luksemburg Jean-Claude Juncker, kepala kelompok euro dari 16 negara, setelah pembicaraan lima jam.

Rencana "dapat diterapkan dengan cepat," Juncker menekankan, meskipun keputusan untuk langkah ini harus diambil oleh pemimpin nasional ke-27 negara Uni Eropa yang bertemu pekan depan di Brussel.

Juncker "menggarisbawahi bahwa Yunani belum meminta bantuan" dan mengatakan para menteri "masih belum berpikir itu akan diperlukan," tetapi menjelaskan bahwa "persiapan teknis" akan selesai selama "beberapa minggu berikutnya."

Dia mengatakan penjaminan pinjaman dari negara-negara besar zona euro seperti Jerman atau Prancis, tidak mungkin tergambar dalam jaring pengaman yang para menteri percaya memenuhi perjanjian kewajiban dan batasan Uni Eropa, tetapi mereka berharap tidak akan perlu menggunakannya.

Sebuah pernyataan mengatakan grup euro "obyektif tidak akan menyediakan pembiayaan pada rata-rata suku bunga kawasan euro, namun untuk menjaga stabilitas keuangan kawasan euro secara keseluruhan."

Itu akan bertujuan untuk "memberikan insentif yang kuat untuk kembali ke pasar secepat mungkin," yang berarti tingkat tinggi.

Juncker menambahkan itu memicu untuk tindakan yang kemungkinan besar akan menjadi "yang berpengaruh, terlepas dari upaya pemerintah Yunani, bahwa pasar tidak bereaksi dengan cara yang memadai."

Sumber-sumber diplomatik telah membicarakan 20-25 miliar euro (27,5-34,4 miliar dolar) yang dibutuhkan.

Ekonomi Yunani merintih di bawah utang 300 miliar euro, dan mencari untuk menghimpun 54 miliar euro tahun ini hanya untuk membiayai utang -- tetapi kesulitan untuk melakukannya tanpa membayar premi suku bunga.

Menurut laporan, dua rencana sedang dipersiapkan.

Satu mensyaratkan serangkaian pinjaman oleh negara-negara mitra Eropa, dikoordinasi oleh Komisi Eropa, dan yang lain akan mempertimbangkan komisi meminjam uang di pasar dan memberikan pinjaman ke Yunani yang akan dijamin oleh negara Uni Eropa.

Komisaris Urusan Ekonomi dan Keuangan Olli Rehn mengatakan instrumen-instrumen mempertimbangkan itu "sejalan dengan perjanjian dan hukum nasional" tetapi bahwa itu "tidak ada waktu untuk merujuk secara terbuka ke syarat-syarat teknis." (A026/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010