Palermo, Italia (ANTARA News/Reuters) - Pemerintah Italia mengatakan mereka telah menangkap saudara laki-laki mafioso yang paling dicari di negara itu, Senin, bersama dengan 18 orang lagi yang dituduh telah membantu bos mafia Sisilia Matteo Messina Denaro untuk menghindari penangkapan.

Anggota Mafia disebut "mafioso", yang berarti "pria terhormat". Dalam operasi "Golem 2", lebih dari 200 polisi dari Palermo dan Trapani di Sisilia telah menangkap Salvatore Messina Denaro.

Ia ditangkap bersama dengan sejumlah orang lagi yang pemerintah katakan sebagai anggota sebuah jaringan yang mengelilingi "bos dari para bos" Cosa Nostra, yang melarikan diri sejak 1993.

Para tahanan itu akan menghadapi tuduhan mengorganisir korespondensi rahasia bos mafia Messina Denaro "dalam upaya untuk membantunya tetap dalam pelarian", kata sebuah pernyataan polisi. Tuduhan lain mencakup asosiasi, korupsi dan proteksi mafia.

Menteri dalam Negeri Roberto Maroni mengatakan penangkapan terakhir itu adalah hasil dari salah satu operasi polisi yang sangat penting dalam dasawarsa terakhir, yang meningkatkan kesempatan bagi penangkapan Messina Denaro.

"Kami telah membongkar sistem pos dari bos paling berbahaya itu," kata Maroni dalam sebauh pernyataan. "Jaring ini telah mendekati dan mengepungnya dan saya optimistis kami akan dapat menangkapnya segera."

Beberapa detektif percaya bos kejahatan itu bersembunyi dekat rumah keluarganya di Castelvetrano, dekat Trapani, dan berpindah di antara rumah-rumah yang aman.

Seperti "godfather" buron sebelumnya, Messina Denaro, menguasai massa dengan mengirim "pizzini" -- potongan-potongan sangat kecil kertas sejenis kertas biskuit tipis dan disembunyikan di antara ujung jari kaki utusannya -- rahasia yang digunakan untuk menghubungkan di antara para pembantu mafia.

Polisi telah menimbulkan pukulan besar pada mafia dengan penangkapan beberapa bos mafia dalam beberapa tahun terakhir, termasuk Bernardo "sang Traktor" Provenzano pada 2006 dan penggantinya, Salvatore Lo Piccolo pada 2007.

Tidak jelas apakah penangkapan-penangkapan itu memiliki pengaruh pada kepentingan usaha "Mafia Inc.". Asosiasi bisnis dan pengecer kecil Confesecenti -- yang anggotanya menanggung beban terberat dari pemerasan mafia -- mengatakan sindikat kejahatan penting itu melawan resesi tahun lalu untuk menambah "keuntungan" dengan hampir 8 persen.

Messina Denaro, yang diberi julukan "Diabolik" seperti karakter sebuah buku komik, memiliki citra seorang playboy. Ia telah belajar menembakkan senjata pada umur 14 tahun dan dicari karena pembunuhan atas sedikitnya 50 orang.

Ia pernah membual ia telah membunuh cukup "untuk memenuhi sebuah kuburan" dan membuat reputasinya dengan membunuh bos saingannya Vincenzo Milazzo dan mencekik pacar Milazzo yang sedang hamil tiga bulan.

Pada Mei 2002, Messina Denaro dijatuhi hukuman penjara seumur hidup dalam proses pengadilan tanpa kehadiran terdakwa karena bagiannya dalam serangan pemboman mafia 1991 terhadap sasaran "sipil" di Milan, Florence dan Roma, yang menyebabkan 10 orang tewas dan lebih dari 90 orang tewas.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010