Roma (ANTARA News) - Sebanyak 50 pejabat kotapraja dari kelompok sayap-kiri melorotkan celana panjang mereka di balai-kota Roma awal pekan ini untuk menyerukan percepatan proses pengesahan anggaran ibukota Italia itu.

"Alemanno telah membuat kami memakai pakaian dalam kami," demikian tulisan pada satu poster pemrotes, yang merujuk kepada walikota sayap-kanan di kota tersebut, Gianni Alemanno, sebagaimana dikutip dari AFP.

"Taman dan kebung kosong. Orang kehilangan rumah, dan rumah kosong," demikian tulisan pada poster lain.

Sandro Medici, walikota Cinecitta, tempat beberapa studio film legendaris di kota tersebut, mengatakan Alemanno menarik diri untuk mensahkan anggaran "dengan alasan pemilihan umum, karena itu berisi pajak yang tak populer".

"Tanpa anggaran, kami hanya memiliki dana untuk biaya saat ini," katanya. "Di wilayah saya, dua sekolah yang direncanakan dibuka pada September takkan dapat beroperasi."

Sebelas dari 19 kabupaten di Roma dipimpin oleh walikota sayap-kiri.

Alemanno, anggota partai sayap kanan-tengah Rakyat Bebas --pimpinan Perdan Menteri Silvio Berlusconi-- dan mantan anggota pasca-fasis Gerakan Rakyat Italia, mengambil-alih balai-kota dari Walter Veltroni dari sayap-kiri pada 2008.

Italia dijadwalkan menyelenggarakan pemilihan umum di 13 dari 20 wilayah di negeri itu, termasuk wilayah Lazio di Roma, pada akhir Maret.(C003/A024)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010