Depok (ANTARA News) - Program Pascasarjana Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (PPIM FEUI), menjalin kerja sama gelar ganda (Dual Degree) dengan University of Adelaide, Australia.

"Kerja sama program master ini merupakan suatu tekad dari PPIM-FEUI untuk menyediakan program yang berkualitas dan berafiliasi internasional," kata Manajer Humas dan Media Center Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FEUI), Asty Setiautami, ME, di Depok, Rabu.

Menurut dia, terpilihnya University of Adelaide sebagai mitra PPIM-FEUI dikarenakan reputasinya sebagai salah satu universitas terbaik di Australia dalam Best Eight Universities.

Sebagai universitas dengan predikat terbaik di Indonesia menurut THE QS 2009, Universitas Indonesia selalu berupaya untuk menginternasionalisasi program-program yang ada.

Ia mengatakan sebelumnya pada 2008 telah dilakukan kerja sama program dual degree bidang keuangan dengan universitas yang sama.

Kerja sama kali ini difokuskan pada program gelar ganda bidang pemasaran (marketing).

Asty mengatakan kualitas yang telah dimiliki oleh University of Adelaide inilah yang nantinya juga akan dirasakan oleh mahasiswa PPIM-FEUI. Dengan diadakannya program dual degree marketing ini, maka akan memungkinkan bagi mahasiswa untuk mendapatkan dua gelar dari Universitas Indonesia dan University of Adelaide sekaligus.

Lebih lanjut ia mengatakan, mahasiswa program dual degree marketing ini, akan menjalani program perkuliahan selama satu semester awal di UI, dilanjutkan dengan dua semester di Australia, dan satu semester akhir di UI kembali.

Adapun persyaratan mahasiswa untuk dapat mengikuti program ini adalah selain lulus ujian seleksi penerimaan UI, calon mahasiswa juga harus memiliki IELTS dengan minimum `overall bandscore` 6,0.

Program yang mulai membuka pendaftaran pada Agustus 2010 ini, direncanakan akan menjadi salah satu program unggulan yang dimiliki oleh FEUI.

Hal ini dikarenakan potensinya yang mampu merepresentasikan FEUI sebagai bagian dari perkembangan dunia pendidikan global. Oleh karena itu keberadaan dual degree program ini tidak hanya mampu mewarnai perkembangan ilmu di tanah air, namun juga perkembangan pendidikan secara global.

"Kerja sama ini merupakan sebuah cerminan bahwa pencapaian kualitas pendidikan yang baik merupakan suatu hal mutlak dan tak terbatasi oleh jarak dan wilayah," katanya.
(T.F006/S022/P003)

Pewarta:
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010